Bareksa Goes to Campus : Kupas Tuntas Mengenai Ketakutan Mahasiswa Untuk Berinvestasi

COOFFEE SHARE 2017
24 November 2017
Training for Trainers Pasar Modal Syariah dalam Rangka Dies Natalis FEB UB ke 56
30 November 2017

Bertempat di UB Guest House lantai 3, telah berlangsung acara Seminar Edukasi Rekasadana : Bareksa Goes to Campus pada Kamis (23/11/2017). Seminar ini mengundang pemateri yang sangat kompeten di bidang investasi, yaitu Fajrin Noor Hermansyah (Direktur PT. Bareksa.com) dan Imas Suryati Sihombing (Head of Intermediary PT. Trimegah Asset Management). Seminar ini menjadi wadah untuk mensosialisasikan apa itu investasi dan apa itu reksadana. “Seminar pada hari ini akan mengupas habis paradigma ketakutan mahasiswa untuk berinvestasi, selama ini anggapan mahasiswa adalah investasi beresiko tinggi dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang punya modal tinggi, padahal itu tidak benar”kata Reza Abidin selaku Ketua Pelaksana dalam sambutannya.

Imas Suryati Sihombing dalam pemaparannya mengungkap beberapa persepsi negatif yang membuat orang menunda untuk investasi, diantaranya persepsi saya berasal dari keluarga biasa dan miskin, uang kan pada keluarga sukses dan kaya, persepsi gaji saya terlalu kecil untuk dapat ditabung, persepsi nanti kalau ada uang, persepsi uang saya hanya sedikit, tidak akan ada pengaruhnya, mau diatur-atur seperti apapun tidak ada manfaatnya, persepsi saya sibuk, persepsi biarkan uang saya berbunga saja di bank, tidak perlu investasi yang rumit-rumit. “Padahal yang terpenting itu bukan dari mana kita berasal dan menjadi apa kita saat ini, teapi bagaimana kondisi kita nanti”ujarnya.

Materi selanjuntya disampaikan oleh Fajrin Noor Hermansyah mengenai apa itu Reksa Dana dan bagaimana mekanisme investasi di Bareksa.com. Bareksa.com adalah marketplace reksa dana terintegrasi pertama di Indonesia. Reksa Dana sendiri adalah instrumen investasi yang murah, mudah, aman, dan menguntungkan bagi investor pemula, termasuk mereka yang memiliki dana terbatas. Hanya dengan dana Rp100.000,- sudah dapat berinvestasi reksa dana. Fajrin juga mengungkapkan tips memilih reksa dana adalah dengan cara mengenali profil risiko.

Setelah sesi materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pemberian doorprize kepada peserta. Acara yang tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa FEB UB ini berlangsung dengan antusiasme yang tinggi dari peserta. Bahkan beberapa peserta yang berasal dari fakultas lain juga tak kalah antusias dalam acara ini. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemberian vandel kepada pemateri dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Leave a Reply