BRANCHLESS BANKING RESEARCH : Penelitian Mahasiswa Brawijaya untuk Inklusifkan Keuangan Indonesia

The Nuiances of Best Free Vpns
16 June 2019
Unbiased Report Exposes the Unanswered Questions on Torrent Vpn
18 June 2019

Mahasiswa Brawijaya Lakukan Riset Branchless Banking

Sektor keuangan merupakan salah satu sektor yang membangun perekonomian suatu negara. Akan tetapi, faktanya relatif masih banyak masyarakat Indonesia yang belum dapat mengakses layanan jasa keuangan dengan maksimal. Rendahnya minat menabung dan memanfaatkan kredit menyebabkan Indonesia memiliki tingkat inklusi keuangan yang masih rendah. Menurut Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng, indeks inklusi keuangan di Indonesia pada tahun 2018 masih rendah yaitu 49%. Target ini masih jauh dari target yang ingin dicapai oleh pemerintah yaitu sebesar 75% pada tahun 2019 (SNKI, 2016). Pada tahun 2016, pemerintah membentuk program Branchless Banking untuk mencapai target tersebut.

 

Branchless Banking merupakan salah satu cara perbankan dalam menjalankan fungsi utamanya untuk masyarakat yaitu dalam fungsi intermediasi perbankan untuk menghimpun dan menyakurkan dana kepada masyarakat. Namun, apakah masyarakat sudah benar-benar menggunakan fasilitas Branchless Banking yang ada di sekitar mereka? Apakah mereka memahami bagaimana kehadiran Branchless Banking sebagai solusi yang disediakan pemerintah untuk mengakses layanan perbankan dengan mudah? Oleh karena itu, tim PKM dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang beranggotakan Dita Meilana Sari, Elok Riskika Putri, Rahmat Hidayat dengan Dosen Pendamping Yenny Kornitasari SE., ME. melakukan penelitian dengan judul “ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS BRANCHLESS BANKING DALAM FUNGSI INTERMEDIASI PERBANKAN TERHADAP FINANCIAL INCLUSION” di Malang Raya.

 

Penelitian yang dilakukan menggunakan metode mixed method yaitu dengan menggabungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Metode Kuantitatif menggunakan sampel bertujuan (Purposive Sampling) dan diolah dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) sedangkan penelitian kualitatif ini ditujukan untuk mendukung dan memperkuat data kuantitatif dengan cara melakukan Deep Interview, melakukan Focus Group Discussion, studi pustaka, dan juga observasi secara langsung terhadap penerapan branchless banking di Malang Raya. Data Kualitatif diolah dan direduksi dengan metode kualitatif deskriptif.

 

Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan dan memperbaiki program Branchless Banking menjadi lebih baik sehingga manfaatnya dapat dirasakan dengan maksimal oleh masyarakat.

 

For Further Information :

Instagram            : @branchlessbanking_research

Web       : branchlessbankingresearch.wordpress.com

Email     : branchlessbankingfebub@gmail.com

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Leave a Reply