Dean's Note 2016

Assalamualaikum wr wb.

Salam Sejahtera

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayahNya, FEB UB senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

Saya atas nama warga FEB UB mengucapkan terima kasih pada kerja keras dan dedikasi seluruh dosen dan staf kependidikan yang telah mendukung kebijakan yang ada dan terlibat sebagai bagian penting dalam pembangunan FEB ke arah yang lebih baik. Selanjutnya, saya juga memberikan apresiasi yang tinggi atas aktivitas mahasiswa FEB UB yang telah menunjukan prestasi yang semakin baik, serta kegiatan-kegiatan yang patut dibanggakan.

Memasuki Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di awal tahun 2016, FEB UB berupaya mendorong  peningkatan daya saing dan kualitas institusi agar lebih bermutu dan bereputasi dalam kompetisi global dengan menitikberatkan pada peningkatan pada daya saing sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu kami mendorong seluruh dosen di lingkungan FEB UB untuk meningkatkan kemampuan publikasi baik di level nasional maupun internasional dengan terus memperbaiki kualitas dan kreatifitas pengajaran dan penelitian.

Selanjutnya, bagi staf pengajar yang belum menempuh studi lanjut doktoral, kami berkomitmen untuk mensupport mereka untuk melamar beasiswa dan belajar di universitas luar negri. Peningkatan daya saing bagi staf kependidikan akan kami lakukan dengan memberikan pelatihan baik dibidang skill informasi teknologi yang terkait dengan komputerisasi sistem (SIAKAD, SIAS, SELMA dan SIUDA) maupun perbaikan komunikasi bahasa inggris.

Di tahun 2015, hampir seluruh program studi baik S1, Pasca Sarjana dan Doktoral yang ada di FEB UB meraih akreditasi nasional (BAN-PT) dengan peringkat A (tertinggi). Selanjutnya, proses akreditasi program magister ilmu manajemen (PMIM) saat ini sedang disiapkan baik oleh tim jurusan semoga proses ini mampu meraih kesuksesan pada saat akreditasi di bulan Juni tahun 2016.

Selanjutnya, untuk akreditasi internasional program yang telah meraih ABEST21 adalah Program magister Akuntansi dan Manajemen sedangkan magister Ilmu Ekonomi masih dalam proses tahap akhir akreditasi yang rencananya akan diumumkan di tanggal 1-2 Maret 2016. Selanjutnya akreditasi internasional juga telah diraih oleh program sarjana ilmu ekonomi oleh  ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA).

Kami terus melakukan peningkatan jumlah kerjasama internasional guna mendorong university network di seluruh dunia, sehingga diharapkan akan terjadi kerjasama dan kolaborasi baik di level pendidikan (double degree) maupun kolaborasi penelitian dan publikasi ilmiah. Beberapa universitas yang telah mengadakan MOA (Memorandum of Agreement) saat ini antara lain: Lincoln university (New Zealand), Rikkyo university (Jepang), Hust University (Tiongkok). Perguruan tinggi tersebut melakukan kerjasama dengan FEB UB terkait dengan program double degree, summer school program, overseas academic program, kerjasama penelitian maupun pertukaran pelajar (student exchange). Selanjutnya di tahun 2016, kerjasama FEB UB dengan Murray state university, Middle Tennessee dan University of Kentucky, akan terus ditingkatkan dan dikembangkan dengan mendorong kolaborasi yang resiprokal sehingga mampu meningkatkan kemanfaatan bagi FEB UB khususnya dalam menambah jumlah mahasiswa internasional.

Komitmen publikasi internasional terus kami bangun dengan bekerjasama dengan lembaga-lembaga internasional khususnya yang bergerak dibidang publikasi internasional, serta memberikan kesempatan pada staf pengajar untuk mengikuti conference baik di level nasional maupun internasional. Kerjasama publikasi yang dikembangkan dengan the global academy of training and research (GATR) yang pada tahun ini akan diselenggarakan di Abu Dhabi, serta kerjasama penyelenggaraan konferensi internasional dengan Indonesian Regional Science Association (IRSA) ke 13 diharapkan dapat menjadi wadah yang dapat dimanfaatkan oleh staf pengajar dan mahasiswa FEB UB guna mendorong publikasi ilmiah dan keterlibatan di even-even akademik internasional.

Kerjasama di tingkat nasional akan terus dilakukan oleh FEB UB, guna mendorong network yang semakin kuat antara perguruan tinggi dengan lembaga pemerintah maupun swasta. Dengan kerjasama ini diharapkan research and development yang dikembangkan oleh FEB UB menjadi sebuah pijakan policy yang tepat bagi para pengambil keputusan baik di sektor bisnis maupun pemerintah.

FEB UB saat ini telah melakukan perbaikan berbagai infrastruktur pendukung guna menunjang proses pembelajaran di kampus, sehingga dengan kualitas dan infrastruktur yang memadai para stakeholders akan semakin nyaman untuk berkreatifitas dan belajar. Pengembangan infrastruktur juga difokuskan pada pengembangan ruang-ruang belajar hijau yang semakin asri di lingkungan FEB UB. Secara bersamaan, FEB UB terus melakukan sosialisasi dan penertiban agar seluruh stakeholders mampu menjaga kebersihan dan ketertiban di lingkungan FEB UB.

Selanjutnya, kami berencana melakukan ekspansi rekruitmen untuk mahasiswa internasional dari seluruh dunia guna mendorong atmosfer akademik yang lebih baik. Peningkatan jumlah mahasiswa internasional dilakukan dengan melakukan promosi serta mengembangkan program-program internasional yang lebih menarik dan berkualitas.

Akhir kata, kami atas nama warga FEB UB mengucapkan terima kasih pada seluruh atensi dan kerjasama stakeholders yang mendukung pengembangan program-program yang berkualitas. Semoga apa yang kita rencanakan mendapatkan ridho dari Allah SWT serta menjadi manfaat yang besar bagi kemajuan dan pengembangan ilmu serta kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Amin.

Hormat saya,

Prof. Candra Fajri Ananda

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Brawijaya