Delegasi Akuntansi FEB UB Meraih Juara 3 Pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Accounting Society in Versatility (ACTIVE) 2017

ALL ‘BOUT GIRL FORUM STUDI ISLAM DAN LINGKUNGAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA
16 November 2017
Unity in Diversity
17 November 2017

Lomba Karya Tulis Ilmiah Accounting Society in Versatility (ACTIVE) 2017 merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Sebelas Maret (HMJA UNS). ACTIVE 2017 mengusung tema  “Optimizing the Role of Sustainability Reporting in Economic Development Efforts”. Kompetisi ini mampu mendorong mahasiswa D3/S1 dari seluruh Indonesia sebagai kaum terpelajar untuk kritis dan peduli terhadap keberlangsungan generasi bangsa Indonesia yang akan datang.

Pada tahun ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) mengirimkan 1 tim untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Accounting Society in Versatility (ACTIVE) 2017.Tim dari FEB UB diketuai oleh Afwa Aranza Windu Handika (Akuntansi 2015) dan Asa Jasmine Harimurti (Akuntansi 2014). Judul yang diangkat oleh tim ini adalah “Implementasi Standar Khusus Program Corporate Social Responsibility Berlandaskan Pancasila sebagai Solusi Ketaatan Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan di Indonesia”, ide ini muncul karena banyaknya permasalahan social dan lingkungan yang terjadi di Indonesia serta guna mendukung kesepakatan Dunia Internasional untuk mencapai 17 goals Global Reporting Initiative (GRI) dengan tetap berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila yang merupakan pandangan hidup Bangsa Indonesia.

Ide inovatif tersebut mampu mengantar tim ini melaju ke babak final melalui dua tahap kompetisi yakni seleksi abstrak, dan seleksi full paper. Dari tahap seleksi abstrak dan full paper, diambil 10 tim yang berkesempatan mempresentasikan ide yang telah dituangkan pada judul masing-masing pada babak final. Babak final diselenggarakan di Hotel Lor In Solo pada tanggal 5 November 2017. Poin presentasi dalam babak ini akan diakumulasikan dengan poin Karya Tulis Ilmiah untuk menentukan juara yang mendapat reward berupa uang pembinaan, trofi, dan juga sertifikat. Pemenang dalam kompetisi ini diumumkan pada malam harinya di acara Indonesian Cultural Gathering Night (ICGN) yang diselenggarakan di Gedung Wayang Orang, Sriwedari. Nama Universitas Brawijaya dipanggil sebagai juara 3 di malam puncak acara ICGN tersebut.

Meskipun belum mampu menjadi juara 1 dalam kompetisi ini, mereka percaya bahwa banyak pengalaman berharga yang didapatkan selama mengikuti kompetisi tersebut. Dengan prestasi ini diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi mahasiswa Universitas Brawijaya lainnya untuk dapat meningkatkan prestasi yang telah dicetak sebelumnya. Afwa Aranza Windu Handika salah satu anggota tim berpesan kepada mahasiswa Universitas Brawijaya untuk jangan mudah menyerah dalam mengikuti kompetisi. “Jangan takut untuk gagal, karena dalam setiap kemenangan yang diraih pasti terdapat tangga-tangga kegagalan di dalamnya,”tutur mahasiswa yang akrab disapa Afwa ini.

Tinggalkan Balasan