FEB UB Pupuk Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa

Sistem Ekonomi (Baru)?
6 March 2018
Sound of Economics (SOE) Homeband Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
7 March 2018

Mahasiswa zaman now harus memiliki jiwa keriwausahaan. Karena itu jiwa kewirausahaan harus ditanam sejak bangku kuliah. Hal itu diungkapkan oleh Ahmad Budiman, Founder dan CEO pada Training Zen dan Consultant Digital Payments International Finance Corporation dalam kuliah tamu yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB).

Kuliah tamu yang digelar di Aula Lantai 7 Gedung F FEB UB, Senin (5/3/2018) itu mengangkat tema “How to Design and Start Your Business”.

FEB UB menggelar kuliah tamu ini karena ingin menghasilkan lebih banyak lagi pengusaha-pengusaha muda yaitu salah satunya dengan membuka Program Studi S1 Kewirausahaan dan pendirian Laboratorium Kewirausahaan.

Ahmad Budiman yang kerap disapa Bido menjelaskan ide bisnis dapat datang dari berbagai sumber salah satunya dari hobi yang dimiliki oleh seseorang. “Pengembangan sebuah ide umumnya juga dilatar belakangi oleh masalah yang ada di masyarakat maupun kebutuhan yang belum dipenuhi oleh produk yang sudah ada saat ini,” papar Bido yang pernah menjadi konsultan sekaligus trainer dari World Bank, TNP2K dan Freeport Indonesia ini.

Tidak berhenti pada paparan teori, Bido juga mengajak para peserta kuliah tamu untuk melakukan simulasi mengenai cara menuangkan ide serta mewujudkannya dalam Business Modal Canvas (BMC).

BMC merupakan rancangan atau konsep dari sebuah bisnis yang tertuang dalam 9  komponen (customer segments, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, resources, activities, partnerships, and costs). Kesembilan komponen inilah yang akan menentukan strategi  dan proses bisnis yang akan dijalankan.

Mengakhiri diskusi, Bido meyakinkan para mahasiswa untuk mewujudkan ide bisnisnya dan tidak takut dengan pemain besar yang telah dulu ada. “Jadikan pesaing sebagai teman, jalin lah kerjasama dan berkolaborasilah,” pungkasnya.

Kuliah tamu itu juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Khusaini serta para dosen pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan serta mahasiswa FEB UB. (*)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan