Here I Stand to be Young Changer

Kegiatan IDC (Indonesian Debating Competition)
12 September 2017
Shine Up Your Creativity through PKM DIKTI
12 September 2017

Dalam rangka melakukan pembinaan anggota sebagai proses kaderisasi dan berusaha untuk memberikan bekal bagi mahasiswa untuk berperan aktif dalam kegiatan penelitian dan penalaran, Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis (LSME) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya mengajak para mahasiswa baru untuk turut ikut mengambil bagian menjadi keluarga baru di dalam satu-satunya lembaga penelitian dan penalaran mahasiswa yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya melalui kegiatan Training Organization atau yang dikenal dengan sebutan Lintas (LSME’s Internal Training and Organization) yang bertemakan Changer (Here I Stand to be Young Changer). Kegiatan ini akan dihadiri oleh kurang lebih 100 mahasiswa baru sebagai peserta yang sebelumnya telah melakukan pendaftaran melalui formulir yang telah disediakan. Selain mengenalkan lembaga LSME kepada mahasiswa baru, tujuan lain dari adanya kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan anggota baru dalam bidang penelitian dan penalaran, menumbuhkan minat peserta dalam bidang penelitian dan penalaran, hingga mengetahui dan memahami arti penting dari metodologi penelitian.

            Kegiatan ini terdiri atas 4 rangkaian. Rangkaian pertama (Pra Lintas) akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 16 September 2017. Dalam Pra Lintas ini, peserta akan melaksanakan kegiatan Ribbon Changer Session dan Happy in Crime Session. Kegiatan ini bertujuan untuk mengakrabkan peserta dengan anggota LSME periode sebelumnya, juga untuk mendekatkan sesama peserta calon anggota LSME yang baru melalui berbagai games yang telah ditentukan. Tentunya rasa kekeluargaan, kebersamaan, dan keceriaan menjadi nilai yang harus dibawa dalam kegiatan ini.

Untuk rangkaian selanjutnya, peserta akan mengikuti kegiatan Lintas 1 dan Lintas 2 yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 1 Oktober 2017. Dalam kegiatan ini, peserta akan mendapat materi tentang pencarian ide dan masalah yang ada di sekitar serta bagaimana cara penulisan karya ilmiah yang baik. Pemateri dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa dari LSME itu sendiri yang telah memiliki banyak pengalaman dalam bidang kepenulisan, yaitu Azhar Syahida dan Dimas Fuad Hassan. Setelah mendapatkan pemateri, para peserta

pun akan langsung mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk mencari suatu permasalahan dalam suatu tempat yang telah ditentukan. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar peserta mampu peka terhadap suatu isu atau permasalahan yang berada di lingkungan sekitarnya dan dapat menemukan solusi terbaik atas permasalahan tersebut dan dituangkan ke dalam tulisan sebuah karya ilmiah.

Rangkaian Lintas kemudian berlanjut pada kegiatan Lintas 3 yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2017. Dalam rangkaian ini, peserta akan mempresentasikan hasil karya tulis mereka yang telah dibuat sebelumnya dalam bentuk essay. Para peserta akan mempresentasikan hasil essay mereka dihadapan para SPV pilihan, yang dalam hal ini adalah anggota dari LSME itu sendiri. Tujuan dari adanya kegiatan ini adalah agar peserta dapat mengomunikasikan dengan baik hasil essay yang mereka buat di hadapan umum dan sebagai bentuk persiapan dan pembelajaran untuk mereka dalam mengikuti berbagai macam kompetisi di berbagai tempat kedepannya.

Setelah sesi presentasi telah selesai, kegiatan pun dilanjut dengan pengukuhan anggota baru secara resmi. Sebelumnya, peserta harus berikrar untuk tetap menjaga solidaritas untuk senantiasa mendapatkan berbagai manfaat nantinya di dalam organisasi LSME. Setelah pembacaan ikrar selesai, barulah perwakilan peserta yang merupakan calon anggota baru LSME akan dikukuhkan dengan disematkannya hem LSME. Peresmian ini dilakukan secara langsung oleh Asa Jasmine Harimurti selaku Ketua Umum LSME periode tahun 2017. Dengan begitu, maka rangkaian LINTAS 2017 telah selesai dan para peserta sudah menjadi anggota baru LSME periode 2017-2018.

Tinggalkan Balasan