<!–:id–>Bekerja Sama dengan MAPPI, JA FEB UB Selenggarakan PDP Kedua<!–:–>

<!–:en–>Indikator: Circulation and Launching of Indikator Magazine<!–:–><!–:id–>Indikator: Sirkulasi dan Launching Majalah Indikator<!–:–>
22 April 2015
<!–:id–>MED Sukses Terlaksana, Peserta Kian Paham Pentingnya Kreativitas dan Inovasi dalam Berbisnis<!–:–>
22 April 2015

Selasa (21/04), bertempat di Aula Gedung F lantai 7, Jurusan Akuntansi (JA) Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) mengadakan kegiatan “Pendidikan Dasar Penilai” (PDP), hasil kerja sama dengan Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI). Ini merupakan hari ke empat dalam kegiatan kerjasama tersebut yang melibatkan beberapa dosen JA FEB UB dan juga para praktisi bidang akuntansi.

Pembicara pada pertemuan ini adalah Ir. Hamid Yusuf beliau merupakan ketua umum (MAPPI). Dalam pertemuan kali ini beliau membahas tentang syarat minimum yang harus ada dalam proposal dan sesuai dengan standar Sistem Pengendalian Internal (SPI) diantaranya:

  1. Identifikasi status penilai
  2. Identifikasi pemberi tugas dan pengguna laporan
  3. Maksud dan tujuan penilaian
  4. Identifikasi objek penilaian
  5. Identifikasi kepemilikan
  6. Dasar nilai
  7. Tanggal penilaian
  8. Jenis mata uang yang digunakan
  9. Tingkat kedalaman investigasi
  10. Sifat dan sumber informasi yang dapat dihandalkan
  11. Konfirmasi bahwa penilaian dilakukan berdasarkan SPI

Adapun suatu penilaian yang dilakukan tidak sesuai dengan SPI tidak dapat dibenarkan dan dipertanggung jawabkan jika akhirnya nanti menghasilkan penilaian yang menyesatkan.

Pada dasarnya berdirinya MAPPI dilandasi oleh keinginan untuk ikut serta berpartisipasi dalam mengisi pembangunan nasional terutama dalam pembangunan ekonomi guna menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Namun, hingga kini jumlah profesi penilai masih jauh dari jumlah ideal. Selain itu, profesi penilai publik di Indonesia yang ada saat ini sebagian besar hanya didominasi di wilayah Jakarta. Untuk itu MAPPI bersama Kementerian Keuangan untuk terus merangkul kalangan akademisi dalam upaya sosialisasi profesi ini. (feb/azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan