LATIHAN ALAM 2017

Kuliah Tamu di FEB UB Menghadirkan Guest Lecture dari The Hague University, Netherlands
11 October 2017
IDC (Indonesian Debating Competition)
12 October 2017

Latihan Alam  adalah sebuah program kerja Economist Goes to Opera atau Teater EGO FEB UB dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan wawasan kesenian, menunjukkan keproduktifan EGO. Latihan Alam kali ini diselenggarakan selama dua hari yaitu pada hari Sabtu,- Minggu, 13-14 Mei 2017  yang bertempat di Bumi Perkemahan Bedengan.. Kegiatan latihan alam kali ini bertema “Melatih kesdadaran akan ruang, bentuk, dan waktu”. Latihan Alam kali ini diisi oleh pemateri sekaligus pelatih dari Teater EGO. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota EGO, anggota sanggar teater di dalam maupum diluar UB serta khalayak umum (mahasiswa FEB).

Kegiatan pertama yang kami lakukan adalah berkumpul di sekret Teater EGO, kemudian berangkat bersama menuju Bedengan. Peserta dan panitia berangkat bersama dengan dua aangkot, perjalanan yang kami tempuh sekitar satu jam dengan jalan yang berkelok-kelok. Selama perjalanan kami isi dengan bernyanyi bersama hingga tak terasa kami sudah sampai di tempat latihan. Hal pertama yang kami lakukan sesampainya disana adalah mengeluarkan barang bawaan kami dari angkot. Setelah itu, kami mulai mendirikan tenda dan bersiap-siap untuk sholat ashar. Setelah sholat ashar kami kemudian melanjutkan kegiatan dengan materi meditasi dan pengenalan terhadap relasi alam dengan teater yang diisi oleh pelatih Teater EGO selama kurang lebih 1,5 jam. Setelah itu kami melanjutkan dengan istirahat serta persiapan sholat maghrib bersama. Pada malam hari dilanjutkan dengan materi meditasi serta olah vocal kurang lebih sekitar 1,5 jam. Kemudian dilanjutkan dengan istirahat tidur.

Keesokan harinya, peserta bangun pagi untuk bersiap sholat subuh, setelah 1,5 jam berlalu panitia briefing untuk bersiap menyiapkan kegiatan selanjutnya. Setelah itu kegiatan selanjutnya adalah pemanasan dan materi senam wajah, materi ini juga diisi oleh pelatih Teater EGO. Setelah pemanasan dan materi senam wajah, seluruh peserta diarahklan untuk sarapan. Sarapan diberi waktu sekitar 1 jam, kemudian dilanjutkan dengan materi olah tubuh sekitar 2 jam. Setelah itub para peserta diarahkan untuk istirahat dan persiapan sholat dan makan siang. Materi olah tubuh adalah materi terakhir, sehingga setelah ISHOMA adalah penutupan dan persiapan pulang.

Terlepas dari segala kendala yang dirasakan panitia selama proses sampai hari H, Latihan Alam 2017 berjalan sesuai yang diharapkan. Antusiasme peserta yang besar dalam mengikuti rangkaian acara demi acara Latihan Alam  menjadi penyemangat kami. Ilmu yang diberikan pemateri tentu menjadi pembelajaran bagi kami khususnya anggota EGO dalam meningkatan kemampuan berseni peran. Dibalik berjalan baiknya workshop ini tentu terdapat kesahalan yang membuat acara ini tidak sempurna. Salah satunya kesiapan tempat yang terbatas mengakibatkan saat latihan terasa kurang leluasa. Walaupun begitu kami sangat bersyukur dengan suksesnya Latihan Alam 2017 ini.

Tinggalkan Balasan