Membedah Kompetensi Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Bersama Prof. Dr. Josette Dijkhuizen

Beban Pedas Inflasi
6 December 2016
MUSICROOTS 3 2016 Homeband FEB UB
8 December 2016

 dsc_0109Sebuah kebanggaan bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) dapat menghadirkan Prof. Dr. Josette Dijkhuizen, seorang profesor Maatstricht School of Management, The Netherlands sekaligus Founder ENPower dalam acara kuliah tamu mahasiswa Program Studi Kewirausahaan. Acara tersebut diselenggarakan oleh Jurusan Manajemen, bertempat di Ruang Sidang Utama FEB UB pagi hari tadi (7/12).

Dalam kuliah tamu tersebut, Prof. Dr. Josette Dijkhuizen menerangkan bahwa program visitasi yang dia lakukan merupakan salah satu bentuk tindakan kewirausahaan, yakni dengan menemukan hal-hal yang baru dan terinspirasi untuk menerapkan hal baru tersebut dalam bisnis yang dijalankannya. Seorang wirausaha juga harus memiliki tiga pondasi utama yaitu Ambition, Experiences, dan Fashion. Ambisi bagi seorang wirausaha akan menyebabkan ia terus berusaha mewujudkan visi dan tujuan bisnisnya. Dengan pengalaman yang baik, seorang wirausaha akan mampu mengatasi permasalahan yang harus dihadapinya. Bisnis yang sesuai dengan fashion yang digeluti juga akan mendorong seseorang untuk yakin dengan apa yang dikerjakannya.

Perserta yang hadir sangat antusias dalam mengikuti jalannya kuliah tamu pada hari tersebut. Terbukti dengan jawaban yang mereka utarakan setiap kali dilempar pertanyaan oleh Prof. Dr. Josette Dijkhuizen. Prof. Dr. Josette Dijkhuizen juga menekankan pentingnya konsep bisnis Sociopreneur, yakni konsep melakukan bisnis yang sekaligus memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan sosial. Hal ini berkaitan dengan  nilai “new creation” dalam entrepreneurship yang mengandung tiga nilai penting antara lan: economic value, sosial value, dan personal value.

Menurut Prof. Dr. Josette Dijkhuizen, objektivitas kesuksesan dalam sebuah bisnis tidak hanya merujuk pada Objective of Finansial Success, namun yang terpenting adalah Objective of Personal Success, yakni kesuksesan pada faktor sosial, relasi dengan klien, Personal Goals, dan Personal Development. Lebih lanjut, Prof. Dr. Josette Dijkhuizen menjelaskan terdapat 12 poin penting yang harus dimiliki oleh seorang entreprenuer. Dari 12 poin, ada 3 poin utama yang mampu merangkul keseluruhan nilai tersebut, yakni Vision (Visi), Courage (Dorongan), dan Perseverance (Ketekunan). (gde)

Tinggalkan Balasan