Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan kepada Aparatur Pemerintahan Kecamatan Lowokwaru

Silaturahim dan Pengenalan Akademik Mahasiswa Baru JAFEB
24 November 2012
Dr. Djoko Soetjiptadi, SE., MS Berpulang ke Rahmatullah
26 November 2012

Senin (26/11), Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JAFEB UB) menyelenggarakan Pelatihan penyusunan laporan keuangan yang ditujukan kepada aparatur pemerintahan tingkat Kelurahan di lingkungan Kecamatan Lowokwaru. Bertempat di lantai 6 Gedung F FEB UB, kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Mayoritas Kelurahan mengirimkan Sekretaris Lurah dan Bendahara Keuangan untuk mengikuti pelatihan ini. Pelatihan ini merupakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang didanai oleh Dana Penelitian dan Pengabdian (DPP) FEB UB.

Kegiatan pengabdian ini terdiri dari 2 sesi. Materi yang disampaikan dalam sesi 1 adalah Pelaksanaan Pendapatan Daerah dan Penatausahaan Penerimaan, Pelak sanaan dan Penatausahaan Belanja SPP, SPM, SP2D-UP, GU,TU, LS dan Pembuatan Surat Pertanggungjawaban. Sedangkan materi sesi 2 adalah Akuntansi SKPD(Standar Keuangan Pemerintah Daerah) dan Laporan Keuangan SPKD. Materi – materi tersebut disampaikan oleh pemateri yang berkompeten dibidangnya, yaitu Dra. Lilik Purwanti, MSi., Ak (Ketua Pelaksana) dan Mirna Amirya, SE., MSA., Ak.

“Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan para peserta akan semakin memahami dan menguasai tata cara dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah yang terstandarisasi dan sesuai dengan kebutuhan instansi mereka”, ungkap Riska Fitriasari, SE., MSA., Ak salah seorang panitia dalam kegiatan tersebut. Tujuan spesifik laporan keuangan pemerintah adalah untuk menyajikan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan dan untuk menunjukkan akuntabilitas entitas pelaporan atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya. (azm/mir)

Tinggalkan Balasan