Penutupan Rangkaian PERFECT 2012

BI: Perekonomian Indonesia Membaik di Tahun 2012
26 September 2012
Kuliah Tamu Internasional “Leadership in the Global Work Place”
1 October 2012

Sabtu (29/9) lalu telah berlangsung Krida Mahasiswa (Krima) IV. Kegiatan ini sekaligus merupakan rangkaian Krima terakhir yang dilaksanakan dalam rangkaian Program Pembinaan Mahasiswa Baru (PROBINMABA) PERFECT 2012. Kegiatan yang berlangsung di GOR Pertamina Universitas Brawijaya ini berlangsung pukul 7.30 – 12.00 wib. Dengan menghadirkan sejumlah pemateri, acara yang bertema “Membentuk Jiwa Kewirausahaan Melalui Praktik Entrepreneurship” ini berjalan dengan sukses.

Kegiatan Krima IV dibuka dengan sambutan Koordinator Eksternal PERFECT 2012, Yatnanta Ramadhana. Dalam sambutannya, Yatnanta mengemukakan bahwa Krima IV diselenggarakan atas dasar penanaman jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa. “Sesuai dengan tema yang diusung yaitu kewirausahaan, pada Krima IV ini panitia memberikan feed back bagi pelaksanaan bazar PERFECT ENTREPRENEUR DAY yang telah diselenggarakan beberapa hari lalu di Basement Gedung E FEB UB dan wajib bagi mahasiswa baru FEB UB, ” jelas mahasiswa Akuntansi Angkatan 2010 ini. Menurut Yatnanta, kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan sarana untuk menerapkan nilai-nilai kewirausahaan dan mengaktualisasi ide usaha bagi mahasiswa baru.

Pembicara pertama yaitu Muhammad Reza Januar, seorang entrepreneur. Dalam paparannya, Reza menjelaskan mengenai dunia kewirausahaan serta manfaat yang dapat diperoleh mahasiswa bila menjadi seorang wirausaha yang berani menghadapi persaingan sejak duduk dibangku perkuliahan. “Ide-ide mahasiswa sangat baru, oleh sebab itu maka ide-ide kreatif itu harus segera direalisasikan. Jangan menunda sesuatu yang baik, lakukan dengan sungguh-sungguh dan jadilah pemenang dalam setiap tantangan, itulah kunci dari seorang wirausaha, ” pesan Reza.

Di samping memberikan pengetahuan mengenai dunia usaha, panitia juga menyuguhkan motivation training bagi mahasiswa semester awal ini. Motivation training diisi oleh divisi Trainer PERFECT 2012 dengan memperkenalkan mahasiswa berprestasi dengan predikat IPK cumlaude untuk membagi kiat-kiat dari kesuksesan mereka. Maksud dari motivation training ini yaitu agar mahasiswa baru terpacu untuk berprestasi baik secara akademik maupun non akademik.

Pada materi tambahan, mahasiswa baru FEB UB diberikan penjelasan mengenai TOEIC. TOEIC menjadi syarat wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa baru untuk menguji sejauh mana kemampuan mereka dalam berbahasa inggris. Tidak ketinggalan dari pihak Perpustakaan Universitas Brawijaya yang diwakili oleh Ibu Hermintatik dan Ibu Supriyatin turut memberikan sosialisasi mengenai fasilitas perpustakaan yang ada di UB. Dalam penyampaian materinya, Ibu Hermintatik menyampaikan bahwa sangat penting bagi mahasiswa baru untuk dapat menggunakan fasilitas perpustakaan sebaik mungkin. “Karena dalam perpustakaan tidak hanya memuat buku-buku teks, namun juga jurnal-jurnal ilmiah yang digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar mahasiswa, ” jelas beliau. Hal senada juga disampaikan oleh Ibu supriyatin yang menambahkan bahwa Perpustakaan UB juga mempunyai fasilitas penunjang yang menyediakan banyak referensi, sehingga akan mengurangi ketergantungan mahasiswa terhadap referensi internet yang terkadang kurang valid.

Di akhir acara, para peserta Krima IV memberikan kejutan berupa barisan yang membentuk formasi berupa rangkaian huruf FEB 12 yang berarti mahasiswa FEB UB Angkatan 2012. Aksi ini kemudian diabadikan dengan foto bersama antara mahasiswa baru dan panitia. (ay/ris)

Tinggalkan Balasan