Sambut 311 Maba Program Magister dan Doktor, FEB UB menyelenggarakn Orientasi Pendidikan dan Kemahasiswaan 2019

Download Materi Ordik Program Magister dan Doktor 2019 FEB UB
17 August 2019
Download Materi WORKSHOP PENULISAN PROPOSAL DANA EKSTERNAL FEB 2019
18 August 2019

 


Bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia, sebanyak 311 mahasiswa baru program magister dan doktor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) tahun ajaran 2019/2020 mengikuti orientasi pendidikan dan kemahasiswaan, sabtu (17/8). Acara yang digelar di Aula gedung F Pasca sarjana FEB UB, selain dihadiri oleh pimpinan fakultas dan jurusan, turut hadir pula para guru besar dan segenap dosen FEB UB. Dengan mengikuti ordik dan ormawa diharapkan mahasiswa program magister dan doktor FEB UB memiliki wawasan yang cukup tentang sistem pendidikan yang berlaku di FEB UB sehingga para mahasiswa dapat menempuh pendidikan dengan baik dan tentunya dapat lulus tepat waktu.
Pada sambutannya dekan FEB UB, Nurkholis, Ph.D menyatakan bahwa persaingan untuk masuk menjadi calon mahasiswa pada program pasca sarjana cukup ketat yakni 2:1. Oleh karena itu kualitas input mahasiswa di program magister dan doktor FEB UB cukup baik, dan tentu saja hal tersebut diimbangi oleh tenaga pengajar yang berkualitas dengan kualifikasi doktor dan profesor. Perpaduan kedua hal tersebutlah yang kemudian mengantarkan FEB UB menjadi fakultas terbaik di Universitas Brawijaya dengan mendapatkan juara 1 Universitas Brawijaya Quality Assurance (UBAQA) 2019.


Sementara wakil dekan bidang akademik, Abdul Gofar, memaparkan berbagai prestasi akademik yang telah diraih oleh FEB UB dan semua program studi Magister dan Doktor di FEB UB telah terakreditasi A dan mendapatkan akreditasi internasional Abest’21, sehingga merupakan kebanggaan bagi para mahasiswa dapat mengenyam pendidikan pada program magister dan doktor di FEB UB.
Dari segi fasilitas, mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 mendapatkan kesempatan pertama menikmati fasilitas-fasilitas baru yang dihadirkan oleh fakultas dalam menunjang proses belajar mengajar dilingkuangan FEB, ujar Wakil Dekan bidang keuangan, Ainur Rofiq. Salah satu fasilitas yang dapat diakases oleh mahasiswa adalah ruang belajar privat yang disediakan di perpustakaan atau Self Access Centre (SAC) FEB UB.
Di bidang kemahasiswaan, “diharapkan para mahasiswa program magister dan doktor dapat berperan aktif dalam wadah Himpunan Mahasiswa Pasca dan mahasiswa terus miningkatkan prestasinya sehingga dapat menunjang akreditasi dari masing-masing program studi”, papar M. Khusaini selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan.
Dalam masa orientasi ini, para mahasiswa program magister dan doktor FEB UB yang berasal dari tiga program studi yakni Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi juga mendapatkan pembekalan dalam materi-materi terkait publikasi ilmiah yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebelum menempuh ujian akhir dan juga terkait plagiarisme di kalangan mahasiswa. Di tengah maraknya isu plagiarism, mahasiswa diharapkan mampu tampil dan memberi contoh sikap anti plagiarisme dan mampu menunjukkan integritas akademik yang baik.
“Kita berharap publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa FEB UB meningkat tajam, karena mahasiswa baru program magister dan doktor FEB UB menempati urutan pertama terbesar penerimaan mahasiswa baru Program Pascasarjana di lingkungan Universitas Brawijaya”, singgung wakil dekan bidang akademik, Abdul gofar.

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Tinggalkan Balasan