Sharing Pengalaman Sertifikasi Intenasional AUN-QA Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UB dengan Universitas Udayana

Kunjungan Kerja DPM FEB UB 2017
20 October 2017
FEB UB Menerima Kunjungan Tenaga Kependidikan dari FEB Udayana
23 October 2017

Bertempat di Ruang Sidang Utama Fakultas Eonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya pada Jum’at (20/10/2017) pukul 09.00 WIB – 11.00 WIB telah berlangsung acara kunjungan dari Prodi Ekonomi Pembangunan FEB Universitas Udayana yang membahas sharing pengalaman sertifikasi internasional AUN-QA Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UB. Acara ini dihadiri oleh beberapa perwakilan dari Universitas Udayana, yakni Dr. Ida Ayu Nyoman Saskara, SE., M.Si selaku ketua jurusan Ekonomi Pembangunan FEB UNUD bersama beberapa orang dari tim tenaga pendidik dan tim struktural. Sedangkan dari FEB UB dihadiri oleh Putu Mahardika Adi Saputra, SE., M.Si., MA., Ph.D selaku sekretaris jurusan Ilmu Ekonomi, Dr. Iswan Noor, Marlina Ekawaty, Ph.D., dan beberapa staff jurusan Ilmu Ekonomi.

Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA) sendiri merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh AUN yang bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi yang menjadi anggota AUN. Dengan demikian program penjaminan mutu ini bersifat regional ASEAN. Dokumen SAR terdiri dari Chapter I Introduction; Chapter II AUN Criteria; Chapter III Strenght and Weakness Analysis. Dimana AUN memiliki 11 kriteria, di antaranya Expected Learning Outcomes; Programme Specification; Progrmme Structure and Content; Teaching and Learning Approach; Student Assesment; Academic Staff Quality; Support Staff Quality; Student Quality and Support; Facilities and Infrastructure; Quality Enhancement; dan Output.

Inti dari acara ini adalah sharing pengalaman dari Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB UB yang telah menerima sertifikasi AUN-QA untuk menceritakan proses persiapan penyusunan dokumen SAR, hambatan-hambatan yang dilalui oleh tim penyusun SAR baik teknis maupun non teknis dan bahkan psikologi, selain itu juga memberikan gambaran tentang strategi menghadapi kendala-kendala internal dan eksternal oleh Putu Mahardika Adi Saputra, SE., M.Si., MA., Ph.D.

 “Semoga Ekonomi Pembangunan FEB Udayana bisa tembus AUN-QA”kata Putu Mahardika Adi Saputra, SE., M.Si., MA., Ph.D di akhir pemaparannya. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian cindera mata oleh Dr. Iswan Noor kepada Dr. Ida Ayu Nyoman Saskara, SE., M.Si dan diakhiri dengan sesi foto bersama. (FIKI)

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Tinggalkan Balasan