Talk Show Program Internasional FEB-UB dengan Siswa SMA Se – Malang Raya

FEB UB Tingkatkan Soft Skill para Mahasiswa Bidik Misi
25 May 2013
Rintisan Kerjasama FEB UB –NCYU Taiwan
25 May 2013

Rabu (22/5), bertempat di Aula Gedung D FEB UB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya), telah dilaksanakan Talk Show Program Internasional FEB UB dengan Siswa SMA se Malang Raya. Para siswa yang datang adalah perwakilan dari SMA se-kota Malang. Tiga orang pembicara utama dalam kegiatan kali ini adalah Prof. Eko Ganis S, SE., M.Com (Hons)., Ph.D. (Deputi PD 1 Program Internasional) ; Johannes Dwi Harianto, STP., MM. (HRD BRI) ; dan Dr. Andarwati, SE., ME. (Ketua Program Internasional Jurusan Manajemen) Sedangkan yang bertindak sebagai moderator dalam talk show kali ini adalah Yeney W. Prihatiningtias, SE., MSA., Ph.D., Ak.(Ketua Program Internasional Jurusan Akuntansi). Talk Show kali ini membahas tentang pentingnya background pendidikan bertaraf internasional bagi para mahasiswa yang tidak hanya ingin berkiprah di Indonesia namun hingga ke kancah Internasional.

Hasil survey Forum Ekonomi Global melalui Growth Competitiveness Index, menempatkan Indonesia di peringkat 50 dari 144 negara dalam daya saing antar negara di dunia. Tentunya ini bertolak belakang dengan kondisi perekonomian Indonesia yang tengah berkembang pesat. Bahkan kedepannya Indonesia digadang-gadang akan menjadi negara dengan perekonomian terbaik di dunia. Apabila tidak diimbangi dengan peningkatan kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia), lalu bagaimana kita menghadapi persaingan global? Karena tentunya dengan perekonomian Indonesia yang sebaik itu, akan menarik minat tenaga kerja terpelajar dari luar Indonesia untuk turut bersaing memperebutkan lapangan kerja yang ada di Indonesia. Akan sangat memalukan bila SDM kita kalah bersaing di negara kita sendiri.

Pendidikan bertaraf internasional seperti Program Internasional FEB UB akan mampu memberikan nilai lebih pada para mahasiswanya. Hal ini disebabkan sistem pembelajaran dalam program ini sudah serupa dengan sistem pembelajaran yang diterapkan di berbagai perguruan tinggi terkemuka, utamanya jurusan-jurusan ekonomi dan bisnis perguruan-perguruan tinggi tersebut. Pertukaran dosen dan mahasiswa antara FEB-UB dengan berbagai perguruan tinggi luar Indonesia pun telah berulang kali dilakukan. Misalnya dengan perguruan tinggi yang berada di Australia, Korea Selatan dan Amerika Serikat. Hal ini dapat dilakukan berkat banyaknya perguruan tinggi di luar Indonesia yang telah menjalin kerja sama dengan FEB UB, diantaranya yaitu Murray State University, University of Kentucky, dan lain-lain.

Tidak hanya bermanfaat ketika terjun di bidang internasional, mahasiswa yang telah lulus pendidikan Program Internasional FEB UB juga akan memiliki daya saing yang lebih baik di dalam dunia kerja Indonesia. Karena saat ini banyak perusahaan Indonesia yang Go International dan semakin banyak pula perusahaan-perusahaan bertaraf Internasional yang beroperasi di Indonesia. Tentunya mereka sangat membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan lebih. Maka dari itu, prospek lulusan Program Internasional FEB UB tidak perlu diragukan lagi. “BRI juga membutuhkan pegawai dengan background pendidikan Internasional.” ujar Johannes Dwi Harianto, STP., MM. . Mahasiswa program ini juga berpeluang untuk mengikuti program Double Degree, yakni mengikuti perkuliahan di FEB UB dan perguruan tinggi partner FEB UB. Dengan begitu, mahasiswa akan mendapatkan dua gelar sekaligus. Satu dari FEB UB, sedang satu lagi dari perguruan tinggi tempat kuliah mereka di luar negeri.

Dalam kegiatan talk show kali ini juga ada share pengalaman dari para mahasiswa program Internasional FEB UB yang pernah melakukan Double Degree, Internship, Student Exchange atau berbagai kegiatan pertukaran pelajar yang lain. Kegiatan pertukaran pelajar sangat membantu bagi mahasiswa untuk kedepannya karena dengan begitu mereka akan mengetahui tentang berbagai kebudayaan di luar Indonesia. Tentunya akan memudahkan bagi mereka untuk beradaptasi ketika terjun ke dunia kerja di kancah internasional. “Tidak hanya kemampuan akademik yang akan didapatkan oleh para mahasiswa Program Internasional FEB UB”, ucap Ayu Furry Puspita selaku MC dalam talk show tersebut ketika diwawancara.

Belum lagi berbagai prestasi yang diraih oleh keluarga besar FEB UB, tentunya semakin meyakinkan perusahaan-perusahaan untuk menggunakan lulusan salah satu fakultas terbaik di UB ini. Bahkan beberapa hari sebelum kegiatan ini, FEB UB didapuk sebagai fakultas yang memiliki Jurusan Akuntansi dan Keuangan Terbaik Kedua di Indonesia. Hasil tersebut dirilis oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings by Subject 2013. Hal ini semakin meyakinkan para calon mahasiswa untuk memilih FEB-UB sebagai pendidikan lanjutan mereka. (azm/mir)

Tinggalkan Balasan