TTQ (TAHSIN TAHFIDZ QURAN) 2018 FORUM STUDI ISLAM

Spiritual Coaching and Character Building 2018
9 March 2018
Ernst & Young (EY) Selenggarakan Campus Journey, Mahasiswa FEB UB Sangat Antusias
16 March 2018

TTQ merupakan program kerja dari Gen-Q (Generasi Qur’an). Gen-Q sendiri memiliki tujuan sebagia wadah bagi mahasiswa dan warga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya untuk belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah Wahyu Allah yang di turunkan kepada Nabi Muhammad saw beserta umatnya dan merupakan bacaan utama bagi ummat muslim di seluruh jagat raya. Al-Qur’an ini sebagai petunjuk bagi ummat islam dalam beribadah kepadaNya. Dan Al-Qur’an juga memiliki multi fungsi dan selalu mempunyai hubungan yang pasti dalam fenomena-fenomena kehidupan, hal ini diantaranya mukjizat, akidah, ibadah, mu’amalah, akhlak, hukum, sejarah, dan dasar-dasar sains.  Untuk itulah Al Qur’an sangat penting untuk dipelajari, karena sangat disayangkan jika umat Islam jauh dari Al Qur’an. Oleh karena itu,  Pembinaan Al qur’an dari dini akan mengantarkan seorang muslim menjadi kepribadian yang beradab, beretika dan religious di dalam bersikap. Oleh karena itu, kami membentuk sebuah komunitas pecinta qur’an untuk mengembalikan kembali kecintaan mahasiswa mahasiswi FEB UB kepada Al qur’an dan juga sebagai fasilitas untuk warga FEB UB yang ingin mempelajari membaca qur’an dengan baik dan benar.

       Sehingga dibentuklah salah satu program dari Gen-Q yaitu TTQ. Pada tahun ini TTQ mengusung tema “Al-Qur’an Solusi Menyelamakan Generasi”. Program ini berbentuk dua macam kegiatan, yaitu upgrading mentor(kajian) dan halaqah belajar Al-quran, yang terdiri dari dua kelas yaitu: tahsin (kelas untuk memperbaiki bacaan Al-quran) dan tahfidz (keas untuk menghafal Al-quran). Dimana kegiatan kajian diisi oleh para pemateri yang ahli dibidang pengetahuan agama khususnya Al-Qu’an, sedangkan halaqah Al-Qur’an di isi oleh para mentor dari mahasiswa yang memiliki keahlian, baik dibidang tahsin maupun tahfidz.

       Tujuan utama dari adanya program ini adalah untuk bisa menumbuhkan rasa kecintaan mahasiswa terhadap Al-quran, karena dikatakana dalam sebuah hadits bahwa sebaik-baik manusia adalah yang belajar Al-quran dan mengamalkannya. Selain itu, diharapkan dengan adanya program ini mahasiswa juga memperbaiki kualitas bacaannya dan dapat menjadi penghafal Al-quran dan menambah wawasan mahasiswa atau mahasiswi muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Adapun kegiatan TTQ dilaksanakan mulai bulan Maret sampai bulan Desember tahun 2018 di Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Dengan rincian sebagai berikut:

  1. Upgrading Mentor tentang Al Quran dilaksanakan lima kali dalam satu periode, yaitu pada bulan Maret, Mei, September, November

      2. Halaqah Alquran dilaksanakan tiap pekan mulai bulan Maret. Waktu halaqah bergantung pada jadwal tiap mentor yang mengisi tiap kelompok halaqah. Rata-rata halaqah Al Quran terlaksana sekitar empat kali pertemuan dalam satu bulan.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan