Jurusan Akuntansi FEB UB Kirim 12 Mahasiswa ke Dusun Rejoso untuk Dampingi UMKM dalam Melakukan Pembukuan Sederhana

(Indonesia) Menilik Kesuksesan Ketika Sesi Interview Kerja, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen  FEB UB Mengadakan Pelatihan Interview 2019
6 September 2019
(Indonesia) Delegasi HMJIE FEB UB dalam agenda Economic Summit 2019 di Universitas Diponegoro
7 September 2019

Bertempat di kediaman salah satu warga Dusun Rejosi, Desa Junrejo, Kota Batu, telah dilangsungkan acara Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana serta Pembukaan KKN Tematik Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JAFEB UB).
Acara yang berlangsung pada Jum’at malam kemarin (6/9/2019) dihadiri oleh lebih dari 30 pelaku UMKM Dusun Rejoso, perangkat desa, dan jajaran petinggi jurusan Akuntansi FEB UB.
KKN Tematik ini merupakan suatu program perdana dari jurusan Akuntansi dalam rangka mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat. Sebanyak 12 mahasiswa, akan melakukan pendampingan selama 45 hari untuk membantu UMKM di Dusun Rejoso, agar dapat melakukan pembukuan sederhana.


Acara dibuka oleh sambutan dari Dr. Drs. Roekhudin, M.Si, Ak.selaku Ketua Jurusan Akuntansi FEB. “Pembukuan itu penting, kalau tidak dicatat, tau-tau uangnya habis, kami akan membantu disitu, semoga kami bisa membantu secara maksmial. Saya titip adik-adik, mohon dibimbing, agar program dapat berjalan sebagaimana mestinya”tuturnya.


Dalam kesempatan ini, Yeney Widya Prihatiningtias, SE., Ak., MSA, DBA. menyampaikan materi tentang Laporan Keuangan Sederhana untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. “Meski namanya usaha mikro, kecil, menengah, tapi perannya untuk perekonomian Indonesia tidak kecil, justru sangat besar”ujarnya.
Yeney Widya Prihatingtias menggarisbawahi dua hal dalam penyampaiannya, bahwa terdapat tiga hal yang ada dalam pembukuan sederhana, yaitu kekayaan, utang, dan sisa dari kekayaan dikurangi utang. Yang kedua, bahwa setidaknya pembukuan sederhana yang harus dibuat UMKM yaitu Laba Rugi dan Neraca.
Setelah pemaparan materi, pelaku UMKM yang hadir memperkenalkan diri satu per satu, disusul dengan perekenalan 12 mahasiswa yang akan mengabdi. Diharapkan dengan adanya program ini, UMKM di Dusun Rejoso dapat berkembang semakin pesat dan menerapkan pembukuan secara kontinyu.

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Leave a Reply