Kuliah Tamu tentang Digital Marketing

Prof Dr Ahmad Erani Terima Hibah Penelitian 700 Juta Rupiah
30 May 2013
Prof. Joseph Mula: Writing Retreat for International Publication
31 May 2013

Untuk kesekian kalinya mahasiswa FEB UB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya) mendapatkan kuliah tamu dari perwakilan perusahaan. Pemateri dalam kuliah tamu kali ini adalah Harwindra Yoga Prasetya, seorang Manager of Marketing Communication di perusahaan PT Campina Ice Cream Industry.  Pada hari Selasa (28/5) tepatnya kuliah tamu ini berlangsung di Aula Gedung D FEB. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang pesat, metode-metode yang dapat digunakan oleh para perusahaan pun semakin beragam. Maka dari itu, materi yang diusung dalam kuliah tamu kali ini adalah mengenai “Digital Marketing”, di mana materi ini sangat bermanfaat bagi para peserta kuliah tamu yang didominasi oleh mahasiswa jurusan Manajemen.

Ada banyak media yang dapat digunakan untuk melakukan digital marketing, misalnya televisi, radio dan internet. Apabila memanfaatkan internet, media sosial merupakan salah satu pilihan terbaik. Terlebih lagi, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna jejaring sosial terbanyak di dunia. “Jakarta merupakan kota peringkat ke-1 dengan aktifitas twitter terpadat di dunia, sementara Bandung berada di peringkat ke 6.” ujar Harwindra Yoga Prasetya. Maka dari itu, jejaring sosial adalah salah satu media yang efektif untuk melakukan Digital Marketing Indonesia. Karena melalui media jejaring sosial, informasi dapat tersampai secara lebih cepat dan lebih luas. Konsumen pun dapat lebih mudah untuk merespon promosi dari suatu brand. Dengan begitu kritik dan saran untuk memperbaiki produk dari branch tersebut dapat lebih cepat diterima.

Dalam melakukan Digital Marketing, ada beberapa teknik yang dapat digunakan. Salah satunya adalah Unique Selling Promotion, yakni melakukan promosi secara unik dan berbeda dari yang lain, sehingga dapat lebih meninggalkan kesan kepada masyarakat luas. Kemudian ada pula tehnik memanfaatkan cerita dari konsumen tentang suatu brand. Yakni mem-publish  cerita-cerita konsumen tentang pengalaman positif mereka ketika mengkonsumsi produk dari suatu brand. Ketika mengawali kegiatan Digital Marketing, yang harus kita perhatikan adalah isinya. “Saat ini, Sumber Daya Manusia yang ahli dalam bidang Digital Marketing jumlahnya belum banyak. Orang dengan kemampuan Digital Marketing yang baik akan dicari oleh perusahaan-perusahaan”, ucap Harwindra Yoga Prasetya. Dengan begitu masih banyak peluang yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk mendapat pekerjaan di bidang tersebut. (azm/mir)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Leave a Reply