Pengenalan Data IFLS dan Program STATA oleh Jurusan Ilmu Ekonomi

(Indonesia) Delegasi HMJIE FEB UB dalam agenda Economic Summit 2019 di Universitas Diponegoro
7 September 2019
How To Login Useful Cougar Hookup Websites?
10 September 2019

Penjelasan Oleh Bapak Wildan Syafitri

 

Malang –  Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya memberikan fasilitas kepada mahasiswa berupa pelatihan STATA Series. Pelatihan ini merupakan yang pertama dilakukan oleh Jurusan Ilmu Ekonomi. Dari sekitar 50 pendaftar, terdapat 20 peserta yang lolos seleksi di gelombang pertama ini.

Antusisasme Peserta dalam Pelatihan STATA

Mahasiswa sangat antusias dengan pelatihan ini. Bahkan tak hanya mahasiswa S1, namun juga mahasiswa S2 serta S3 berminat untuk mengikuti pelatihan ini. Namun, untuk gelombang pertama ini masih dikhususkan untuk mahasiswa S1 saja. Topik riset saat ini yang sedang banyak dilakukan antara lain adalah inflasi, pertumbuhan ekonomi, perdaganganm ekspor impor untuk bidang makro, perilaku rumah tangga dan perusahaan untuk bidang mikro, serta disparitas, alokasi, desentralisasi fiskal untuk bidang spasial.

Peserta dikenalkan dengan data IFLS baik kuisioner maupun hasil datanya, beserta pelatihan mendasar untuk mengoperasikan program STATA. Harapannya, dengan adanya pelatihan ini mahasiswa dapat terfasilitasi dan terlatih baik mahasiswa yang sedang melakukan skripsi ataupun untuk bekal dalam menulis jurnal.

Fahmi Prayoga
Fahmi Prayoga
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Leave a Reply