(Indonesia) Tim PKM FEB UB Terjun dalam Young Scientist International Seminar Expo 2019

Jalan Lain
25 June 2019
(Indonesia) Tim FEB UB Raih Medal dalam Young Scientist International Seminar & Expo 2019
25 June 2019

MALANG – YSIS (Young Scientist International Seminar & Expo) digelar kembali dengan meriah untuk kedua kalinya. Event Internasional yang pada tahun ini digagas oleh lingkar riset se-Universitas Brawijaya mengangkat tema “Young Scientist Contribution through Innovation of Science and Technology in Response to SDGs 2030”. Acara tahunan tersebut diselenggarakan selama dua hari pada 24-25 Juni 2019. Meski masih memasuki tahun kedua, kegiatan tersebut sangat memberikan dampak positif karena berperan sebagai media untuk mempertemukan para inovator dari bermacam-macam background.

Tim PKM yang mewakili Fakultas Ekonomi dan Bisnis turut berpartisipasi dalam YSIS 2019 kali ini. Tim pertama ialah tim UMKMOVEMENT: Jasa Branding UMKM sebagai Prime Mover Digitalisasi UMKM di Indonesia diketuai oleh Andre Novian Megantara (Akuntansi 2016) dan beranggotakan Rina Ervina (Ilmu Ekonomi 2016), Alfany Arga Alil Fiqri (Ilmu Ekonomi 2016), serta dua orang lain dari Fakultas MIPA dan Fakultas Teknologi Pertanian. Sedangkan tim kedua ialah tim Analisis Tingkat Efektifitas Branchless Banking dalam Fungsi Intermediasi Perbankan Terhadap Financial Inclusion diketuai oleh Dita Meilana Sari (Akuntansi 2017) yang beranggotakan Elok Riskika Putri (Akuntansi 2017) dan Rahmat Hidayat (Sosiologi 2016).

Tim UMKMOVEMENT berinisiatif mengembangkan UMKM karena melihat fenomena UMKM di Indonesia menyumbang lebih dari 50% GDP dan menyerap banyak tenaga kerja. Adapun layanan jasa yang bisa diberikan adalah terfokus pada branding produk melalui advertising, baik melalui facebook ads atau instagram ads. Selain itu UMKMOVEMENT juga memberikan strategic planner yang bersifat longterm dan penyusunan laporan keuangan sederhana untuk meningkatkan literasi keuangan.

Tim kedua melakukan penelitian terhadap solusi Branchless Banking atas dasar Indonesia masih memiliki tingkat inklusi keuangan yang rendah terutama dalam akses layanan keuangan seperti menabung dan meminjam uang. Untuk mengatasi hal tersebut Pemerintah Indonesia hadir dengan solusi Branchless Banking, yaitu program penyediaan layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank) dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

Kedua tim tersebut telah mempresentasikan ide-idenya dalam rangkaian seminar YSIS kemarin (24/06/2019) dan dilanjut dengan tanya jawab oleh juri. Rangkaian hari pertama dibuka langsung oleh Rektor Universitas Brawijaya yaitu Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS dan dilanjut dengan materi-materi dari keynot speaker sebelum menuju presentasi karya. Hari kedua tak kalah ramainya, lapangan rektorat mendapat antusiasme yang tinggi dalam kegiatan Expo yang disambut oleh Ketua Pelaksana YSIS 2019 serta Wakil Rektor III Universitas Brawijaya yaitu Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim, M.Si. “Program YSIS pada tahun ini menjadi bukti buah karya dari lingkar riset se-UB dan juga sebagai sejarah bagi UB sendiri tentunya. Kegiatan ini sangat bermanfaat menjadi wadah bagi peserta PIMNAS atau peneliti lainnya untuk show up ke orang-orang.” ujar Ridho Faza, perwakilan lembaga riset FEB UB.

Anandhita Ekawahyu
Anandhita Ekawahyu
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Leave a Reply