<!–:id–>Investasi di Pasar Modal Untuk Masa Depan yang Lebih Baik<!–:–><!–:en–>Investasi di Pasar Modal Untuk Masa Depan yang Lebih Baik<!–:–>

<!–:id–>Seminar Ekonomi: Sharing isu-isu ekonomi<!–:–>
18 October 2014
<!–:id–>Guest Lecture Series: Berkarir di Bank<!–:–><!–:en–>Guest Lecture Series: Berkarir di Bank<!–:–>
20 October 2014

Malang (18/10) –  Investasi merupakan suatu kegiatan yang di lakukan seseorang untuk menjamin masa depan yang lebih baik. Investasi bisa dilakukan dengan berbagai cara dan salah satunya dengan berinvestasi di pasar modal. Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GI BEI UB) bekerja sama dengan Mandiri Sekuritas mengadakan Seminar Pasar Modal bertemakan “Investasi Cerdas di Bidang Pasar Modal Indonesia” yang bertempat di Aula Gedung F FEB UB, dan dihadiri peserta dari berbagai Fakultas dan Jurusan yang ada di Universitas Brawijaya serta dari Universitas lain di Malang.

Di Indonesia kesadaran masyarakat untuk berinvestasi masih kurang dan ini terbukti dari paradigma masyarakat yaitu berinvestasi dari sisa uang yang dimilki. Padahal cara berinvestasi yang baik seharusnya adalah dengan menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk berinvestasi.

Sebelum memulai Investasi di pasar modal kita harus tau Instrumen atau Produk yang diperjualbelikan di Pasar Modal yang diantaranya adalah Saham, Obligasi, Waran (Futures) dan Reksa Dana. Konsep High Risk High Return dalam Investasi berlaku untuk setiap produk tersebut, untuk Return yang paling kecil hingga yang paling besar adalah Obligasi, Saham Reksa Dana dan Waran (Futures) yang tentunya berbanding lurus dengan risikonya masing-masing.

Teguh Wibowo, Trainer Pasar Modal Sekuritas Mandiri sekaligus pengisi materi acara seminar ini, menuturkan “Nilai Investasi sebaiknya berkembang melebihi tingkat inflasi, lakukan secara berkala dan jangka panjang dan mulailah dari sekarang”. Maksud dari kalimat tersebut adalah cari investasi yang memiliki tingkat return melebihi inflasi karena dengan Time Value of Money jika tingkat return di bawah inflasi maka kita akan rugi walaupun secara nominal kita mendapatkan keuntungan. Kita harus memulainya dari sekarang secara berkala dan terus menerus karena kita tidak akan tahu akan seperti apa masa depan kita. Tentu kita juga harus memperhitungkan resiko yang akan kita terima jika kita gagal dalam berinvestasi.

PT Sekuritas Mandiri menawarkan jalan yang cocok untuk peserta seminar yang ingin terjun langsung di pasar modal, jika normalnya untuk pembukaan Rekening Sekuritas kita membutuhkan saldo minimal Rp 1.000.000 tetapi untuk peserta seminar diberikan saldo minimal khusus yaitu Rp 250.000. Tentu harga ini sangat cocok untuk Mahasiswa yang belum mempunyai modal banyak dan hasilnya menuai respon positif dengan banyaknya Mahasiswa yang membuka rekening pasar modal setelah kegiatan berlangsung. (ilh/ubm/azh)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan