Asesor BAN-PT Lakukan Visitasi untuk Akreditasi Prodi S1 Akuntansi FEB UB

Paradoks Persaingan Usaha Industri
23 September 2019
Kontribusi Delegasi FEB UB dalam Tim Futsal Putri Jawa Timur pada POMNAS 2019
3 October 2019

MALANG – Hari ini (27/9/2019), Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Binsis Universitas Brawijaya menggelar visitasi akreditasi BAN-PT yang diasesori oleh Prof. Mahfud Solihin (Universitas Gadjah Mada) dan Dr. Sylvia Veronica (Universitas Indonesia), yang  bertempat di Aula Gedung Utama lantai 3 FEB UB.

Ketua Jurusan Akuntansi FEB UB, Dr. Roekhudin, Ak., CSRS, CA. menyampaikan visinya untuk menjadikan Program Studi S1 Akuntansi bereputasi internasional, yang mengintegrasikan semangat kewirausahaan dan nilai-nilai profesional dalam pendidikan dan riset akuntansi seta dilandasi oleh kesadaran ketuhanan, kemanusiaan dan lingkungan.

Sesuai dengan fokusan jurusan Akuntansi yang tertuang dalam Rencana Strategis Program Studi S1 Akuntansi di tahap ketiga ini (2017-2021) adalah memiliki reputasi unggul dan budaya saing tinggi di tingkat internasional.

Maka untuk mencapai rencana tersebut, jurusan Akuntansi memiliki beberapa sasaran dan strategi pencapaian, diantaranya terakreditasi A oleh BAN-PT, memperoleh akreditasi internasional oleh ACCA dan ABEST 21, memiliki rata-rata masa tunggu kerja yang semakin singkat, rata-rata IPK 3.25, dan rata-rata lama studi 4 tahun.

Tidak hanya itu, jurusan Akuntansi FEB UB selalu melakukan penyesuaian dan adaptasi dengan perkembangan teknologi, melalui pengembangan software APIK untuk pelaksanaan ujian kompetensi mahasiswa secara daring, penyesuaian struktur kurikulum, serta menghadirkan lingkungan kerja dan belajar yang kondusif melalui Sistem Tata Pamong.

Beberapa hari yang lalu jurusan Akuntansi FEB UB juga telah melangsungkan kerjasama internasional, yakni dengan GSB USM dan ARI UiTM Malaysia. Untuk kedepannya jurusan akan terus menjalin kerjasama yang baik dan berkelanjutan, baik dengan lembaga pemerintah maupun non pemerintah, baik dengan universitas dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam visitasi ini, tim asesor melakukan diskusi holistik dan klarifikasi data, serta melakukan wawancara dengan alumni, pengguna, mahasiswa, dan dosen Akuntansi FEB UB.

“Dengan selalu mengandalkan sumber daya manuisa yang kompeten, 7 pengajar memiliki jabatan Guru Besar, 26 pengajar tetap bergelar Doktor, dan 25 pengajar bergelar Magister, yang telah mengikuti sejumlah kegiatan ilmiah sekaligus menorehkan prestasi di tingkat nasional dan internasional, Jurusan Akuntansi FEB UB siap bertransformasi untuk saat ini dan masa yang akan  datang”kata Roekhudin.

Fiki Putri
Fiki Putri
Reporter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Leave a Reply