Berbagi Untuk Sesama Melalui Social In Action 2016

Dibalik Gelar “The Best Supporter” dalam Ajang Olimpiade Brawijaya 2016
25 October 2016
Kembangkan Peternakan, Universitas Brawijaya Belajar ke Selandia Baru
27 October 2016

myhome

Social In Action merupakan program bina desa atas inisiasi gabungan dari Lembaga Departemen Sosial Masyarakat BEM FEB UB, KSEI CIES, dan LSME. Tahun ini, SIA dilaksanakan di Desa Borosumbersari Karangploso, Malang. Tujuan dari SIA yakni mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi utamanya poin ketiga yakni pengabdian masyarakat. Selain itu, SIA juga bertujuan untuk melatih desa menjadi lebih mandiri.

SIA 2016 terdiri dari rangkaian acara yang telah dimulai sejak bulan September 2016. Setiap minggunya, panitia SIA 2016 rutin melakukan kunjungan ke desa untuk menjalankan program pembinaan terhadap Desa Borosumbersari. Menurut Ketua Pelaksana SIA 2016, Affan Irhamsyah, SIA berfokus dalam 3 hal yakni SDM, ekonomi dan infrastruktur. Dari segi SDM, SIA berfokus pada anak-anak desa dengan mengajarkan pendidikan karakter, keterampilan dalam membuat prakarya, serta belajar membaca dan menulis. Dari segi  ekonomi, SIA membantu mengembangkan potensi pertanian yang dimiliki desa tersebut dengan cara melakukan penyuluhan dan pelatihan mengelola tanaman yang ada. Sementara, pada infrastruktur dilakukan pembangunan fasilitas untuk menunjang kehidupan warga desa.

Hingga minggu kemarin (23/10), panitia telah berhasil melakukan pembangunan taman baca untuk anak-anak desa, dan menyelenggarakan pelatihan tari-menari dan rangkai-merangkai bunga untuk anak-anak serta pelatihan smart parenting untuk orang tua desa. Selain itu,  para warga yang tergabung dalam kelompok tani desa saat ini masih dalam tahap melakukan implementasi SOP pertanian yang bekerja sama dengan salah satu dosen Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Untuk kelancaran dan suksesnya acara, pihak panitia SIA 2016 menggali dana melalui usaha jualan minuman dengan brand jus SIA dengan membuka stan di Basement FEB UB setiap hari senin-jumat. Selain itu, SIA 2016 juga membuka donasi baik berupa logistik maupun tunai yang dapat disumbangkan mulai tanggal 5-11 November 2016 bertempat di basement FEB atau Gazebo FTP UB. Donasi logistik dapat berupa buku pelajaran SD/SMP, Al-Qur’an, Iqro’, Juz Amma, alat tulis (pensil, pulpen, buku tulis), tas, sepatu, baju sekolah SD/SMP, tool kreativitas (alat menggambar/mewarnai), meja belajar, maupun baju-baju bekas layak pakai. Sementara donasi tunai dapat dikirim melalui BRI Syariah dengan Nomor Rekening: 1030680638 atas nama Dina Safrina. Panitia hanya menyediakan batas waktu transfer hingga 27 Oktober 2016 dengan melakukan konfirmasi ke No. HP 081370937879 dengan format: Nama_Domisili_Waktu transfer_Nominal setelah melakukan transfer.(lst)