One Day Seminar & Workshop: Mixed Methods Research

Marzuki Alie: Demokrasi Kita Kebablasan
15 October 2012
Pembayar Pajak Patriot Bangsa
18 October 2012

Hari Senin (15/10), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) telah melaksanakan One Day Seminar & Workshop tentang Mixed Methods Research di Gedung F lantai 7. Acara dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa, baik mahasiswa S1, S2, dan S3. Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dalam menyambut perayaan 51 Tahun FEB UB dan 50 Tahun Universitas Brawijaya.

 

Rangkaian acara Seminar & Workshop tersebut antara lain terdiri dari 3 sesi: (1) Mixed Methods Research; (2) Qualitative analysis using Nvivo 10; dan (3) Targetting a Journal – Where Could I Publish. Pemateri adalah Dr. Elvia Shauki di mana pada saat ini, Beliau berprofesi sebagai (1) dosen di School of Commerce and Division of Business, University of South Australia, dan (2) Chief Editor di Asia Pasific Journal of Accounting and Finance).

 

Sesi 1 terkait dengan pembahasan mixed methods research dengan outline terkait definisi mixed-methods research, bentuk-bentuknya, beberapa penelitian terdahulu, jenis-jenis triangulasi, keunggulan dan alasan melakukan triangulasi, dan alasan melakukan mixed-research. Menurut Beliau, mixed-methods research adalah sintesis intelektual dan praktis berdasarkan penelitian kualitatif dan kuantitatif, ini merupakan paradigma penelitian atau metodologi ketiga (bersama dengan penelitian kualitatif dan kuantitatif). Urutan penggunaan paradigma penelitian tidak ditetapkan secara formal karena tergantung dari research problem dan research question sehingga yang bisa memutuskannya adalah peneliti yang bersangkutan. Umumnya mixed-methods research memberikan research question yang penting dan menyediakan jawaban yang dijamin terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut. Intinya, mixed-methods research menyediakan temuan dan hasil riset yang superior.

 

Sesi 2 terkait dengan analisis data kualitatif menggunakan Nvivo 10. Nvivo 10 merupakan sebuah software yang digunakan untuk mendukung kualitatif dan mixed-methods research. Aplikasi tersebut dapat mempermudah peneliti untuk menganalisis data kualitatif yang jumlahnya banyak secara lebih cepat, tepat, dan efektif. Meskipun demikian, aplikasi tersebut memiliki keterbatasan dalam membaca dokumen yang di-scan, foto, gambar, dan video. Terkait dengan foto, peneliti yang bersangkutan juga harus menulis informasi pada setiap foto, gambar, dan video.

 

Sesi 3 terkait dengan tips dan trik memilih jurnal dan mengirimkan jurnal agar dapat diterima di jurnal internasional. Pada dasarnya, untuk memilih jurnal yang akan dituju, peneliti lebih baik memilih jurnal yang berangking dan ada peer review-nya. Selain itu juga disesuaikan dengan topik jurnal dan petunjuk penulisan. (mir)

 

 

 

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan