Dinkeskab Jombang Gandeng FEB UB Kelola Keuangan BLUD

WE ARE HIRING Research Assistance Faculty of Economics and Business Universitas Brawijaya
22 July 2022
(Indonesia) Kurban: Spiritual Sosial
26 July 2022

Sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkeskab) Jombang melakukan kerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya dalam mendukung sistem pengelolaan keuangan di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas di wilayah Kabupaten Jombang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, drg. Budi Nugroho MPPM., menjelaskan bahwa dalam dua tahun terakhir, Dinkeskab Jombang telah menerapkan Badan Layanan Umum Daerah di Puskesmas se-kabupaten Jombang oleh karenanya secara organisasi pihak Dinkeskab Jombang sangat berkepentingan dari sisi pengelolaan keuangan dan bekerjasama dengan FEB UB dalam pembinaan pengelolaan keuangan yang akuntabel.

“Harapannya FEB UB bisa mendampingi kami untuk meyakinkan bahwa sistem pengelolaan keuangan di BLUD bisa betul-betul dalam rangka peningkatan pelayanan di Puskesmas, ” tutur drg. Budi Nugroho.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Abdul Ghofar, SE., MSi, MAcc., DBA., Ak., CA., menyambut baik kerjasama dengan Dinkeskab Jombang dan menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan wujud sinergi pentahelix antara kampus dengan pihak luar, dalam hal ini adalah  Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, yaitu dalam kegiatan pengabdian masyarakat, serta dalam memperbaiki akuntabilitas keuangan BLUD Puskesmas di wilayah Kabupaten Jombang.

“Teman-teman di Akuntansi FEB ini membantu teman-teman di Dinas Kesehatan untuk memperbaiki akuntabilitas keuangannya,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, salah satu bentuk kerjasama ini juga meliputi implementasi program magang MBKM bagi mahasiswa FEB UB. Dekan berharap mahasiswa FEB UB bisa melakukan magang di Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dan di Puskesmas serta BLUD se-Kabupaten Jombang untuk penatalaksanaan keuangan dan akuntansi. (din)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan