Disertasi Toni Herlambang Dihadiri Langsung Oleh Ketua PP Muhammadiyah

Seminar Kebijakan Fiskal 2013 dan Perkembangan Ekonomi
27 June 2013
Akad Salam Beda dengan Ngijon
1 July 2013

Dalam disertasinya yang berjudul “Analisis Keunggulan Kompetitif dalam Perspektif Resources Based View” dengan studi di Universitas Muhammadiyah se-Indonesia, Toni Herlambang seorang mahasiswa PDIM-FEB (Program Doktor Ilmu Manajemen – Fakultas Ekonomi dan Bisnis) yang kini telah mendapatkan gelar Doktor, membuktikan bahwa variabel orientasi pasar, variabel kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia) dan variabel teritori manajemen berpengaruh pada keunggulan kompetitif dan kinerja berorganisasi di Peruguran Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia. Beliau menemukan bahwa kompetensi SDM tidak dapat berpengaruh langsung terhadap kinerja organisasi, namun kompetensi SDM tersebut berpengaruh terhadap kinerja organisasi melalui keunggulan kompetensi. Artinya apabila SDM yang terdapat di Perguruan Tinggi Muhammadiyahmampu meningkatkan keunggulan kompetitifnya, yakni menciptakan suatu daya saing dibandingkan Perguruan Tinggi yang lain maka Perguruan Tinggi Muhammadiyahakan mampu meningkatkan kinerjanya. Dengan demikian, maka kompetensi SDM hendaknya diperhatikan. Terutama pemahaman dari SDM yang ada di Perguruan Tinggi Muhammadiyahterhadap prinsip-prinsip dasar Muhammadiyahdan juga nilai-nilai perjuangan yang ada di Muhammadiyah.“Ini merupakan suatu penemuan yang menarik.” ujar Prof. Armanu Thoyib, SE., M.Sc., Ph.D. selaku salah seorang penguji.

Sejumlah keluarga dan kolega Toni Herlambang turut hadir dalam kesempatan kali ini. Ujian Akhir Disertasi ini dipromotori oleh Prof. Dr. Eka Afnan Troena, SE. dan dilaksanakan di Ruang 5.5 Gedung F FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dengan beberapa penguji yang tidak hanya dari pihak internal FEB, namun juga dari pihak eksternal. Prof. Dr. H. Din Syamsudin, MA. Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah bersama Prof. Dr. H. A. Fatchani, M.Pd., MP. hadir sebagai salah seorang penguji dari pihak eksternal. Sementara penguji dari pihak Internal adalah Prof. Armanu Thoyib, SE., M.Sc., Ph.D. (Ketua PDIM-FEB) ; Dr. Fatchur Rohman, SE., MSi. (Ketua Jurusan Manajemen – FEB) ; dan Dr. Ir. Solimun, MS.

“Saya sebagai penguji sangat mengapresiasi hasil temuan Toni Herlambang, karena bukanlah hal yang mudah membuktikan paradigma tersebut, terlebih lagi studi emperik dilakukan di Universitas Muhammadiyah se-Indonesia” ujar Prof. Armanu Thoyib, SE., M.Sc., Ph.D. ketika diwawancara.Toni Herlambang merupakan salah seorang dosen di Universitas Muhammadiyah Jember dan dalam disertasinya, dan beliau melakukan studi empirik di Universitas Muhammadiyah se-Indonesia. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapaProf. Dr. H. Din Syamsudin, MA. turut hadir sebagai penguji eksternal.Dalam kesempatan inibeliau selaku Penguji dari Pihak Eksternalmengakui bahwa yang dijelaskan Toni Herlambang merupakan suatu hal yang benar, namun beliau menyarankan untuk disertasi tersebut diteliti dan diuji secara lebih mendalam lagi. (azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan