Dr. Aulia Fuad Rahman: Optimalkan Fasilitas E-Complaint, Respon Cepat dan Tanggap

FEB UB Menjadi Salah Satu Fakultas Pilihan Dalam Kunjungan Siswa-Siswa SMA
19 December 2016
Capital Market Outlook: Prospek Investasi Indonesia Tahun 2017
22 December 2016

banner-englishDalam rangka menjaring aspirasi dan keluhan mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB-UB) menyelenggarakan acara Aspiration Day. Acara ini sudah digelar dua kali. Pertama kali pada bulan Mei kemarin dan yang kedua adalah hari ini (21/12). Narasumber yang dihadirkan dalam acara tersebut antara lain Dr. Ghozali Maski, Dr. Aulia Fuad Rahman, dan Dr. Fatchur Rohman. Dalam Aspiration Day, mahasiswa dapat mengungkapkan keluhan, kritik, saran, dan pertanyaan yang ditujukan kepada pihak dekanat, dalam hal ini diwakili oleh ketiga wakil dekan FEB UB.

Sebelum acara dimulai terlebih dahulu disampaikan mengenai perkembangan yang telah berjalan di FEB UB oleh perwakilan dekan, yang kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta diskusi ditujukan kepada pihak dekanat. Mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut cukup antusias, beberapa dari mereka mengajukan pertanyaan sekaligus saran terhadap dekanat. Salah seorang mahasiswa, Hidsal Jamil, mengajukan pertanyaan terkait keberadaan fasilitas E-Complaint, yang masih belum banyak mahasiswa tau terkait penggunaan dan fungsinya. Dr. Aulia Fuad Rahman, menanggapi pertanyaan tersebut dan menjelaskan bahwa fasilitas E-Complaint berbasis WhatsApp (WA) dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa untuk menyampaikan kritik, keluhan ataupun saran terkait segala hal yang menyangkut FEB UB. Beliau juga menjelaskan bahwa respon yang diberikan atas keluhan yang masuk ke operator (insyaAllah) dipastikan cepat dan langsung ke teruskan ke bagian yang ditujukan. Oleh sebab itu, segala masalah dan saran ingin disampaikan akan dapat benahi apabila mahasiswa aktif menggunakan fasilitas tersebut dengan optimal.

Penggunaan WA sebagai basis operasi E-Complaint dirasa lebih efektif setelah sebelumnya menggunakan E-mail, selain lebih simple, hampir setiap orang sudah menginstal aplikasi ini di gadget-nya masing-masing. Sehingga orang yang ingin mengajukan komplain tidak lagi harus melalui email, operatornya pun tidak harus membuka email untuk mengecek inbox yang masuk. Adapun nomor WA operator E-Complaint yang dapat dihubungi, yaitu 081333555047. Pelayanan akan semakin efektif apabila pesan WA yang disampaikan mencantumkan nama dan juga keluhan atau saran secara jelas. Misalnya, permasalahan terkait LCD Proyektor, pengguna E-Complaint harus mencantumkan keluhan dan posisi tempat terjadinya masalah sehingga dapat segera ditindaklanjuti. (gde)