Empat Skill Untuk Mahasiswa Milenial

Spending Cerdas
3 March 2020
Surat Edaran Penomoran Ijazah Nasional
12 March 2020

Pesatnya pertumbuhan pengetahuan baru, globalisasi perdagangan dan budaya, meningkatnya kebutuhan pendidikan dan keragaman populasi, menjadikan manusia harus adaptif terhadap perubahan-perubahan tersebut. Penekanan pada transfer keterampilan dan pengetahuan serta pentingnya soft skill yang muncul seperti kreativitas, manajemen inovasi, berpikir futuristik dan kewirausahaan penting untuk meningkatkan keunggulan yang kompetitif di tingkat pribadi dan organisasi.

“Di pendidikan masa depan, apa yang dapat mahasiswa lakukan adalah mahasiswa harus memiliki 4 skills ini untuk menghadapi dunia,” terang Prof. Amran Rasli, Ph.D dari Sumait University, Zanzibar saat menjadi pembicara pada kuliah umum Masa Depan Pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UB, jumat (6/3/2020).

Empat skills yang dimaksud adalah yang pertama, menjadi pribadi yang kreatif, kreatif dalam hal ini meliputi penciptaan ide dan berpikir kritis. Mahasiswa sekarang, harus mampu menghasilkan ide-ide baru, berpikir terbuka, mempertimbangkan berbagai kemungkinan dan solusi, berpikir kreatif dan konstruktif, dan jadilah mahasiswa dengan karya yang original bukan plagiarisme. Berpikir kritis, tidak mudah menerima semua informasi yang masuk, tanpa pembenaran atau bukti yang cukup, objektif, jujur, dan menghargai pendapat orang lain.

Skills selanjutnya adalah manajemen inovasi. Artinya, mahasiswa dapat mengenali dan menerapkan strategi untuk manajemen inovasi dalam suatu organisasi, memanfaatkan ide-ide yang dihasilkan dari berbagai sumber, bertindak secara tepat dalam mengatasi masalah di organisasi, serta merancang dan menerapkan kreativitas.

“Kemudian, kemampuan berpikir masa depan, mahasiswa harus mampu memindai tren, sadar tentang perencanaan strategis masa depan yang panjang. Lalu yang terakhir, kemampuan wirausaha, mahasiswa khususnya mahasiswa FEB harus mampu mengenali dan menerapkan faktor-faktor kunci dalam pendirian sebuah perusahaan baru dan merumuskan rencana bisnis untuk sebuah perusahaan baru. Mahasiswa harus menjadi wirausaha yang baik, kuat dan pantang menyerah,” pungkasnya.

sumber : http://kanal24.co.id/read/empat-skill-untuk-mahasiswa-milenial

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan