Indonesia yang merupakan Negara berkembang dan baru sekitar lima tahun terkhir mengadopsi e-commerce, tentunya memiliki beberapa perbedaan dengan Negara-negara maju yang telah lama mempraktikkan e-commerce. Perbedaan tersebut menyangku masalah regulasi, perngkat hukum dan perilaku konsumen. Pertumbuhan e-commerce yang begitu cepat, membuat para pengusaha toko online perlu memahami dengan baik perilaku konsumen online. Pengetahuan dan pemahaman tentang niat dan perilaku konsumen akan sangat berguna dalam merencanakan strategi pemasaran yang baik.
Hal tersebut disampaikan oleh Muhammad Haris Balady dalam penelitiannya yang berjudul “Analisis Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku dan Pengalaman Pengguna Internet Terhadap Niat dan Perilaku Berbelanja Online di Kota Malang”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis sikap, perilaku subyektif dan pengalaman dalam mempengaruhi niat dan perilaku terhadap online shopping. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap, perilaku subyektif dan pengalaman mempengaruhi niat dan perilaku terhadap online shopping.
Muhammad Haris Balady mempresentasikan hasil penelitiannya tersebut pada ujian disertasi yang berlangsung secara tertutup di Ruang Sidang Utama Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya pada Selasa (3/5). Disertasi yang dipromotori oleh Prof. Dr. Djumilah Zain, S.E. (Promotor), Dr. Mintarti Rahayu, SE., MS (Ko-Promotor), dan Dr.Ir. Solimun, MS (Ko-Promotor). Dengan tim Dosen Penguji antara lain Prof. Dr. MS. Idrus, SE., MSIE (Penguji 1), Prof. Armanu Thoyib, SE., M.Sc. Ph.D (Penguji 2), Prof. Dr. Surachman, SE., MSIE (Penguji 3), Prof. Dr. H. Asip F. Muslich Anshori, SE., M.Sc., (Penguji 4) dan Prof. Dr. Budisantoso Wirjodirjo, M.Eng (Penguji 5).
Setelah mempertahankan disertasinya di hadapan tim Dosen Penguji, Fajar Saranani dinyatakan lulus \dan berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Manajemen.
(nug/ yb)