Pembungkus Burger Berdesain Foto Selfie Karya Mahasiswa Manajemen Menjadi Juara 1 Dalam Lomba Marketing Plan

DJKN Goes to Campus : Perlu Adanya Laporan Potensi Fiskal SDA karena PDB tidak Menggambarkan Sumber Daya Alam
10 May 2017
Pop Art ( Good Friends, Good Time Gettin’ Madness
12 May 2017

img_20170508_000122_486

Malang- Tim mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Tim yang memiliki nama tim Topeng Malang berhasil menjadi juara pertama dalam lomba Marketing Plan Competition 2017 yang bertemakan “Digital Marketing for Food Branding” yang dilaksanakan pada tanggal 25-29 April 2017 di Universitas Kristen Maranatha Bandung. Tim Topeng Malang beranggotakan Rio Chandra, Renanda Dwi Cahyani, dan Wiwanda Agus Widodo dari Manajemen 2014.

Perjuangan mereka untuk bisa meraih gelar juara melewati dua tahapan, pada seleksi tahap pertama yaitu pengumpulan paper tim Topeng Malang berhasil lolos sebagai 10 besar finalis untuk mengikuti rangkaian acara pada tahapan berikutnya. Rangkaian acara pada tahap kedua terdiri dari technical meeting final, presentasi tertutup mengenai proposal masing-masing tim, marketing sharing session, dan tahap final presentasi terbuka untuk case study yang telah disiapkan panitia. Hasil penilaian juri didasarkan atas tiga tahap penilaian yaitu kualitas paper, presentasi tertutup, dan presentasi terbuka, yang dimana akumulasi nilai dari ketiganya berhasil mengantarkan tim Topeng Malang menyabet juara satu dengan membawa pulang uang tunai serta piala bergilir.

Mengangkat judul “Digitalisasi Pemasaran Menggunakan Konsep Shot Digital Co-creation untuk Membangun Strategi Bersaing Burger Shot Malang”, tim Topeng Malang memilih Burger Shot yang merupakan brand lokal yang berlokasi di Jalan Terusan Borobudur No. 65, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang sebagai objeknya. Secara garis besar karya tulis yang mereka usung memaparkan mengenai potensi dari Burger Shot yang bisa dikembangkan menggunakan digital marketing.

Dengan memanfaatkan digital marketing mereka memiliki strategi yaitu dengan mendesain customer eksperience yang menarik menggunakan prinsip digital Co-creation. Marketing mix turut menjadi inovasi yang diberikan dalam strategi ini, dimana dengan menggunakan aplikasi maka proses pemesanan menjadi lebih mudah tanpa harus mengantre lama serta pelanggan dapat mengkreasikan komposisi burger sesuai selera mereka. Strategi lain yang ditawarkan dengan menambah customer eksperience yang menarik yaitu pelanggan akan mendapatkan pembungkus makanan yang berdesain foto selfie dari pelanggan saat melakukan pemesanan.

Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat setiap bisnis harus selalu berinovasi agar bisa terus eksis dan bertahan di dalam pasar. Harapannya dengan penerapan digital marketing akan menjadikan Burger Shot bisa lebih bersaing dengan berbagai restoran burger lain baik brand lokal maupun brand asing. (DA)