FEB UB: Bangkitkan Kemauan dan Kemampuan Mahasiswa Menulis Karya Ilmiah

Debat Epistemologi: Wayang dan Weton Menerobos Ruang Epistimologi Akuntansi Multiparadigma
16 March 2012
Karya Ilmiah: Sederhana, Riil, Terukur dan Target Bisa Dicapai, Jangan Muluk-Muluk
18 March 2012

Sabtu (17/3), bertempat di Aula Lantai 7 Gedung F Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB), telah berlangsung Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah “Program percepatan dan peningkatan kualitas karya ilmiah mahasiswa dalam rangka persiapan menuju Kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)”. Kegiatan ini merupakan program pertama (proyek awal) yang diadakan oleh Divisi Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa FEB UB yang diketuai oleh Setyo Tri Wahyudi, SE.,M.Ec.,Ph.D.

“Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa FEB UB dalam kompetisi karya ilmiah. Proyeksi 1-2 tahun kemudian, peserta pelatihan ini akan menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Tingkat Nasional dan berpeluang untuk memperoleh beasiswa akademik maupun non akademik dari Dikti”, ungkap Pembantu Dekan III FEB UB, Nanang Suryadi, SE.,MM saat membuka kegiatan pelatihan. Selaras dengan pernyataan Pembantu Dekan III FEB UB, Setyo Tri Wahyudi, SE.,M.Ec.,Ph.D (Ketua Pelaksana Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah) bahwa kegiatan pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas karya ilmiah mahasiswa FEB UB. “Terdapat fenomena beberapa tahun belakangan bahwa kuantitas dan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa FEB UB menunjukkan tren yang terus menurun”, lanjut Setyo Tri Wahyudi, SE,M.Ec.,Ph.D, Dosen FEB UB yang baru saja menyelesaikan studi doktoralnya di Malaysia.

Karena merupakan proyek awal, peserta yang hadir ditentukan sesuai dengan kriteria diantaranya yaitu mahasiswa FEB UB dengan Indeks Prestasi (IP) di atas 3.5 dan perwakilan-perwakilan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Lembaga Otonom (LO) yang ada di FEB UB. Kriteria ini dimaksudkan untuk melihat output berupa karya tulis yang dihasilkan oleh mahasiswa-mahasiswa berkualitas dan terpilih dari segi akademik dan kemampuan beroganisasi. Tidak kurang dari 120 peserta hadir dalam pelatihan ini. Pemateri berkompeten juga dipersiapkan untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa FEB UB terkait karya ilmiah, diantaranya yaitu Dimas Hendrawan, SE.,MM; Arif Hoetoro, SE.,MT.,Ph.D; Bahtiar Fitanto, SE.,MT; Moh. Azis Arisudi, SE.,ME.,Ph.D; Dr. Asfi Manzilati, SE.,ME; Setyo Tri Wahyudi, SE.,M.Ec.,Ph.D; Prof Bambang Dwiargo, Ph.D; dan Asmaul Jannah dan Adhistya Cinta (LSME).

Sejumlah materi telah dipersiapkan diantaranya meliputi pedoman pelatihan karya ilmiah, bagaimana memotivasi mahasiswa untuk meneliti, bagaimana cara menggali dan menggabungkan ide serta menuangkannya dalam penelitian, bagaimana cara untuk memulai menulis penelitian, bagaimana pencarian referensi yang tepat dan efektif, jenis-jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif, dan teknik presentasi. Pada akhir pelatihan juga akan disimulasikan presentasi karya ilmiah yang akan langsung dinilai oleh Prof Bambang Dwiargo, Ph.D, Guru Besar UB yang kerap kali menjadi juri dalam kompetisi PKM.

“Materi yang disampaikan cukup komprehensif, bahkan kami juga membahas mengenai tips dan trik menjuarai kompetisi karya ilmiah yang akan disampaikan oleh anggota Lembaga Studi Mahasiswa Ekonomi (LSME) yang pernah menjuarai kompetisi karya ilmiah baik lokal maupun nasional”, tegas Dosen Jurusan Ilmu Ekonomi FEB UB ini. Adapun tindak lanjut usai mengikuti kegiatan pelatihan ini adalah para peserta diwajibkan menulis 1 karya ilmiah dan akan dikompetisikan untuk meraih Piala Dekan dan uang tunai.

“Pelatihan ini akan rutin diadakan setiap hari Sabtu mulai Maret-April 2012 (17, 24, 31 Maret dan 7 April) pukul 08.00-12.00 wib di Aula Lantai 7 Gedung F FEB UB yang pada tiap sesinya akan diisi oleh 2 pemateri. Selanjutnya, bila kegiatan ini yang merupakan proyek awal berhasil maka tidak menutup kemungkinan kegiatan pelatihan serupa akan rutin dilakukan dan tidak terbatas peserta yang diperbolehkan untuk ikut serta. Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini akan memperoleh sertifikat yang berguna sebagai syarat mengikuti kompetisi karya ilmiah ditingkat fakultas, universitas, nasional dan internasional. Hal ini penting untuk membangkitkan kemauan dan kemampuan mahasiswa untuk menulis karya ilmiah,” ungkap Setyo Tri Wahyudi, SE.,M.Ec.,Ph.D. (ris)