FEB UB Hadirkan Digital Experience dan Lab Big Data

Informasi China-AUN Scholarship 2022
14 December 2021
Puncak Dies FEB UB Ke 60, Tingkatkan Digital Experience
29 December 2021

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya pada hari ini, senin (27/12/2021), menggelar puncak perayaan Dies Natalis ke 60 dengan tema transformasi digital menuju kemanfaatan. Ketua Dies Natalis FEB UB, Dias Satria, Ph.D mengatakan pemilihan tema dikarenakan saat ini dunia mengalami akselerasi yg luar biasa dalam hal digital. Teknologi baru seperti blockchain telah mengubah landscape ekonomi dunia.

“Dies kali ini kami mengadakan bootcamp series tentang data analitik, mulai dari business intelligence, big data, robotic process automation hingga training visualisasi data dengan tableau. Bootcamp series ini diisi oleh para specialist di bidangnya, seperti dari traveloka, gojek, dot indonesia, mapid, qasir dan ezy industry.

Harapannya, bootcamp ini menjadi triggers untuk mahasiswa lebih mengakrabkan diri dengan data dan teknologi,” katanya.
Lanjutnya, perubahan ini juga yang dengan cepat di respon oleh pimpinan FEB UB, untuk merealisasikan lab big data dan podcast studio. Lab ini memiliki akses atas data yang sangat kaya dari Reuters internasional yang selanjutnya dikembangkan menjadi Dashboard data surveillance tentang sistem ekonomi dan keuangan Indonesia. Sehingga diharapkan dapat digunakan oleh stakeholders sebagai acuan kebijakan yang berbasis data (data driven policy).

Sementara itu, Dekan FEB UB, Abdul Ghofar, S.E., M.Si., M.Acc. DBA., Ak menyampaikan berbagai pencapaian yang diperoleh FEB UB di tahun 2021 ini. Dekan Ghofar menuturkan kegiatan pengabdian masyarakat FEB UB naik hampir 100 persen dari yang awalnya 54 kegiatan menjadi 108 kegiatan.

Tidak hanya itu, jumlah HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) naik menjadi 2017 HAKI dari yang sebelumnya hanya 44. Kemudian, menjawab tantangan era digital dan juga untuk peningkatan reputasi internasional, FEB hadir melalui digital experience, yang mana pihak fakultas telah menyiapkan 59 modul pembelajaran daring, serta berbagai fasilitas untuk memudahkan pembelajaran di era digital, diantaranya Digital Smart Class, Big Data Lab, Ruang Podcast, BI Corner.

Di hadapan pimpinan universitas dan juga pimpinan fakultas, Dekan Ghofur mengatakan FEB UB saat ini juga berfokus pada reputasi internasional, salah satunya dengan peningkatan akreditasi internasional bagi program-program studi yang dimiliki.

Kemudian, FEB juga terus mendorong penambahan jumlah mahasiswa pada program S2 dan S3 untuk peningkatan reputasi pendidikan FEB UB.

sumber : http://kanal24.co.id/berita/feb-ub-hadirkan-digital-experience

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan