FEB UB Libatkan Karyawan Untuk Menjadi Best Global Economics Faculty

Terapkan Mind Set, Menulis Itu Mudah
25 March 2012
Kunjungan dan Kuliah Tamu Universiti Sains Malaysia (USM)
27 March 2012

Best Global Economics Faculty, merupakan muara dari upaya-upaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) dalam meningkatkan kualitasnya dan posisinya di dunia internasional. Setelah berhasil meraih akreditasi dari ABEST21 (pertama di Indonesia), FEB UB kembali melakukan terobosan baru untuk memantapkan posisinya secara global. Kali ini, upaya tersebut melibatkan karyawan-karyawan yang ada di lingkungan FEB UB.

Sabtu (24/3) bertempat di Ruang Sidang Kecil FEB UB berlangsung Uji Kompetensi Karyawan yang diadakan oleh FEB UB bekerja sama dengan Mark Trend Jakarta (Konsultan Sumber Daya Manusia). Uji kompetensi karyawan yang diketuai oleh Pembantu Dekan II FEB UB, Didiet P Affandi, SE.,MBA.,Ak adalah kali pertama diterapkan di FEB UB. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan jalan bagi pengembangan kepribadian dan skill karyawan. Terdiri atas beberapa tahapan yaitu: (1) Tes Tulis, (2) Wawancara, dan (3) Presentasi, Uji Kompetensi Karyawan ini telah berlangsung sejak Januari lalu dan ditangani langsung oleh Maya dan Yudit selaku perwakilan dari Mark Trend Jakarta.

“Dalam tes tulis, masing-masing karyawan diberikan beberapa soal terkait sikap dan kepribadian. Melalui tes tulis ini dapat diketahui karakteristik dari masing-masing karyawan. Selain melalui tes tulis, untuk mengetahui kepribadian karyawan dilakukan juga wawancara secara personal. Pada kesempatan wawancara, interviewer mengajukan beberapa pertanyaan untuk menggali sejauh mana pengetahuan karyawan terhadap tugas dan kewajibannya serta kendala yang mereka hadapi selama bekerja. Dan tes terakhir yaitu presentasi. Presentasi ini bertujuan untuk mengetahui kepedulian, keterlibatan dan insiatif karyawan terhadap lingkungan kerja, visi misi institusi, serta melatih kekompakan karena karyawan dibagi menjadi beberapa kelompok”, jelas Dimas Hendrawan, SE.,MM.

Hasil dari uji kompetensi ini rencananya akan dikembalikan kepada karyawan terhitung 3 minggu setelah tahap presentasi berlangsung. “Hasilnya nanti akan di floor kan kepada karyawan. Agar dapat dicari solusi terbaik untuk peningkatan dan pengembangan karir mereka. Melalui hasil Uji Kompetensi ini adalah sangat mungkin dilakukan restrukturisasi, dimana bila ditemui karyawan yang bekerja tidak pada bidangnya atau kompetensinya, maka karyawan tersebut akan dipindah ke bagian lain yang lebih sesuai demi kelancaran pekerjaan dan demi tercapainya visi  Best Global Economics Faculty. Seperti disadari pencapaian visi ini melibatkan seluruh unsur fakultas tanpa kecuali karyawan yang juga memiliki peranan penting dalam memajukan fakultas ini”, jelas Dosen Jurusan Manajemen FEB UB, sekaligus panitia Uji Kompetensi Karyawan FEB UB. (ris)