FEB UB Rencanakan Bangun BUMN Corner

Menteri BUMN RI Erick Thohir Orasi Ilmiah di FEB UB, Ajak Mahasiswa Hadapi Tiga Ancaman Globalisasi
28 November 2021
Erick Thohir Paparkan Tantangan BUMN Era Global dan Digital di FEB UB
28 November 2021

Perkembangan BUMN sebagai salah satu pilar ekonomi nasional menjadikan BUMN memiliki peran strategis dalam membangun perekonomian di Indonesia. Untuk itu peran dan kiprah BUMN perlu mendapat tempat khusus di perguruan tinggi agar dapat  dikaji secara keilmuan bagi civitas akademik.

Hal tersebut diungkapkan Dekan FEB UB Abdul Ghofar, SE., M.Si., DBA., Ak dalam sambutan Orasi Ilmiah Menteri BUMN Erick Thohir, Sabtu (27/11/2021) di Universitas Brawijaya.

“BUMN pada masa pandemi hingga hari ini kita lihat bersama mampu melakukan konsolidasi bisnis yang luar biasa sehingga mampu memberikan kontribusi nyata dalam perekonomian nasional,” kata Abdul Ghofar.

Lebih lanjut Abdul Ghofar juga memuji kinerja Menteri BUMN Erick Thohir yang dinilai telah banyak melakukan terobosan dan inovasi dalam melakukan pengelolaan BUMN sehingga beberapa BUMN seperti Telkom telah mampu masuk dalam peringkat Internasional.

“Kami melihat kinerja BUMN walaupun terdampak pandemi covid19 namun dengan kepemimpinan Pak Erick Thohir mampu menunjukkan kinerja yang terus membaik, mampu memberikan kenaikan dividen kepada pemerintah dan ada BUMN seperti Telkom yang masuk dalam peringkat dunia Forbes,” lanjut Ghofar.

Untuk itu kepada Erick Thohir yang hadir di UB, Dekan FEB ini mengajukan keinginan secara langsung untuk membuat BUMN Corner sebagai wahana untuk kajian, riset bagi dosen dan mahasiswa untuk ikut mengembangkan BUMN.

“Secara langsung kami sampaikan kepada Pak Erick, FEB UB ingin memberikan kontribusi kepada BUMN melalui salah satunya kami ingin membuat BUMN Corner,” pintanya.

Permintaan Dekan FEB UB ini direspon positif oleh Menteri BUMN Erick Thohir yang mengatakan BUMN terbuka berkolaborasi dengan pihak manapun terutama perguruan tinggi untuk kemajuan BUMN. Apalagi menurutnya saat ini banyak alumni UB yang menduduki jajaran puncak BUMN.

“Saya kira tadi permintaan Dekan FEB UB kita support apalagi saat ini banyak alumni UB yang duduk sebagai direksi BUMN. Ini waktunya UB dapat memaksimalkan akses bersama BUMN,” kata Erick.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK FEB UB)