Hampir Dua Ratus Mahasiswa Jurusan Akuntansi FEB UB Siap Melaksanakan KKN-P

Keluarga Besar FEB Adakan Buka Bersama dengan Anak Yatim
18 July 2014
Beasiswa Bakti Alumni FEB UB Resmi Diserahkan kepada Tiga Mahasiswa Terpilih
25 July 2014
Hampir Dua Ratus Mahasiswa Mengikuti Pembekalan KKN-P Semester Ganjil TA 2014/2015

Hampir Dua Ratus Mahasiswa Mengikuti Pembekalan KKN-P Semester Ganjil TA 2014/2015

Sabtu (19/7), bertempat di Aula Gedung Pascasarjana FEB UB telah dilaksanakan kegiatan Pembekalan KKN-P (Kuliah Kerja Nyata – Profesi) Semester Ganjil 2014/2015 Jurusan Akuntansi. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 187 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi yang telah siap untuk melaksanakan KKN-P. Dengan adanya pembekalan ini, maka para mahasiswa akan lebih siap dalam menghadapi berbagai macam tantangan ketika KKN-P maupun turun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Acara diawali dengan sambutan dan pengarahan oleh Drs. Nurkholis, M.Buss., Ph.D., Ak., CA. selaku ketua Jurusan Akuntansi. “Hal yang harus diketahui melalui KKN-P adalah detail pekerjaan”, ujar Beliau. Untuk mendapatkan hal tersebut, mahasiswa wajib benar-benar terjun ke lapangan untuk meningkatkan profesinalisme mereka. Kesesuaian magang dengan bidang akuntansi merupakan syarat yang tidak dapat ditawar.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Sekretaris Jurusan, Abdul Ghofar, M.Si., M.Acc., DBA., Ak., CPMA. mengenai Kebijakan umum KKN-P, Tata tertib KKN-P dan Kegiatan yang disetarakan dengan KKN-P. Terdapat dua jenis KKN, yakni tematik dan profesi. FEB UB memilih KKN-Profesi karena lebih cocok dengan kompetensi praktek yang dibutuhkan oleh para mahasiswa. Durasi minimal mahasiswa melaksakan KKN-P di suatu institusi adalah 25 hari kerja. Ada keuntungan tersendiri dari KKN-P ini yang mungkin akan didapatkan oleh para mahasiswa, yakni peluang untuk langsung direkrut oleh perusahaan tempat mereka magang apabila kinerja mereka dirasa sangat memuaskan. Disela-sela pemaparan materinya, Beliau sempat berujar, “Berdasarkan informasi yang didapat dari sejumlah perusahaan, lulusan Jurusan Akuntansi FEB UB memiliki keunggulan tahan banting dan tidak mudah menyerah”.

Selanjutnya para peserta pembekalan juga mendapatkan materi tentang Penyusunan Rencana Kegiatan selama KKN-P dan Teknik Penulisan Laporan KKN-P yang disampaikan oleh Achmad Zaky, M.SA., Ak., CA. Beliau mengingatkan bahwa yang penting dalam Laporan KKN-P adalah menceritakan berbagai pengalaman selama magang. Berikutnya kesempatan A’ang Kunaifi, M.SA., Ak. untuk memaparkan materi tentang Komunikasi dan Kepribadian. “Kemampuan berkomunikasi atau berhubungan dengan orang lain sangatlah penting”, ujar Beliau. Mahasiswa harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, serta dapat menempatkan diri dengan tepat.

Setelah itu, dipaparkan materi tentang Prospek Kerja dalam Bisnis di Akuntansi dan Kiat Sukses Berkarir. Materi tersebut disampaikan langsung oleh M. Tojibussabirin, M.BA., Ak., salah seorang dosen FEB UB yang memiliki berbagai pengalaman kerja sebagai praktisi. “Berdasarkan informasi terakhir yang Saya ketahui, masa tunggu lulusan Jurusan Akuntansi FEB UB untuk mendapat pekerjaan adalah pada kisaran tiga bulan”, ujar Beliau mengawali penyampaian materi. Agar dapat segera mendapatkan pekerjaan, mahasiswa perlu menyadari potensi dan kemampuan yang mereka miliki berada pada bidang mana.

Kegiatan Pembekalan KKN-P ditutup dengan pemaparan materi tentang Motivasi Menghadapi Dunia Kerja yang disampaikan oleh Nurul Fachriyah, M.SA., Ak.. Terkait dengan pentingnya soft skill ketika terjun ke dunia kerja, maka selain IQ, mahasiswa wajib mengembangkan EQ mereka. “Sikap merupakan salah satu kunci keberhasilan”, ujar Beliau. (azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan