5 Fakta Menarik Seputar Incredible FEB UB 2016

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKK-MABA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (Part 2)
1 September 2016
Junk-Junk Heroes Mahasiswa Baru FEB UB 2016
1 September 2016

DSC_0006

Rangkaian acara PKK MABA atau lebih dikenal dengan sebutan Incredible FEB UB 2016 sudah menginjak di hari kedua. Mahasiswa baru FEB masih menampakkan semangat yang luar biasa, terbukti dari pagi hingga sore hari sorakan yel-yel masih tetap bergelora di tempat acara berlangsung. Hal ini membuktikan rangkaian acara Incredible FEB UB telah berhasil menggerakkan jiwa kerja keras dari Maba FEB UB 2016. Untuk mengenal lebih dalam, berikut ini merupakan 5 fakta menarik seputar Incredible FEB UB 2016:

  1. Persiapan Keseluruhan Acara

Awal persiapan acara dimulai sejak bulan April dengan membentuk TPI yakni tim yang memantau jalannya persiapan acara hingga pemilihan ketua pelaksana dari Incredible FEB UB 2016. Pada akhir bulan Mei, tim akhirnya sepakat untuk memilih Irfan Iffat (Akuntansi 2014), sebagai ketua pelaksana Incredible FEB UB 2016. Selanjutnya, pembentukan seluruh panitia selesai dilaksanakan 2 minggu setelah pemilihan ketua pelaksana.

  1. Nama “Incredible

Nama Incredible sebenarnya berawal dari visi yang ingin dicapai dari pelaksanaan PKK MABA FEB UB tahun ini, yakni menciptakan generasi yang incredible atau luar biasa, sesuai dengan taglinenya yaitu, “The Incredible Yellow Generation”. Kata “yellow” sendiri diidentikkan dengan Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Brawijaya, sehingga dapat ditarik arti dari kalimat tersebut yaitu Generasi FEB UB yang luar biasa.

  1. Main Value dalam konsep acara

Konsep acara Incredible berfokus pada penanaman nilai intelektualitas, yang secara praktikal diharapkan mampu diimplementasikan dalam perancangan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Berbagai persiapan telah dilakukan panitia Incredible, baik dengan melakukan pelatihan terhadap para pendamping maupun pematangan terhadap fokus kajian ilmu sosial dalam bidang PKM. Pelatihan dilakukan selama musim liburan melalui pembinaan yang diberikan oleh Lingkar Studi Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis (LSME) dan CIES FEB UB.

  1. Peleton barisan yang disebut “Batara”

Batara adalah nama dari peleton mahasiswa baru FEB UB 2016. Masing-masing batara diberi nama derdasarkan nama-nama raja di Indonesia. Nama peleton mahasiswa baru FEB UB tiap tahunnya berganti. Tahun 2014, dikenal dengan sebutan “Pioneer” yang bermakna penerus, sedangkan untuk tahun 2015 dikenal dengan sebutan “Perisai” yang berarti pelindung, dan untuk tahun ini “Batara” bermakna pemimpin. Batara terdiri dari 29 Batara, antara lain: Wijaya, Vigi Aya, Raja Negara, Raja Swaradhana, Mataram, Sinagara, Kudungga, Samara Tungga, Dhara Nindra, Bala Putra Dewa, Mulawarman, Sanjaya, Purnawarman, Airlangga, Dharmawangsa, Jaya Warsa, Kameshwara, Jayabaya, Samara Wijaya, Kerta Negara, Wisnu Wardhana, Siliwangi, Raden Patah, Patiunus, Gajayana, Shima, Udayana, Daksa, dan Sriwijaya.

  1. Penanaman “6 Nilai”

Terdapat 6 nilai penting yang ditanamkan dalam pelaksanaan Incredible tahun ini, antara lain: religiusitas, nasionalisme, kreativitas, kepekaan, solidaritas, dan intelektualitas. Melalui penekanan 6 nilai tersebut diharapkan mahasiswa baru dapat menjadi insane yang tidak hanya memiliki kemampuan akademis yang baik, namun juga memiliki softskill dan kepekaan sosial baik lokal maupun global. (gde)