Application of “Accurate” Application in Trading Companies

Survei Kepuasan Masyarakat Universitas Brawijaya 2022
15 November 2022
ACARA PUNCAK DIES NATALIS FEB UB KE-61
18 November 2022

Pada Bulan April 2022 sampai bulan September 2022 telah dilaksanakan sebuah kegiatan yang ditujukan untuk pengabdian masyarakat dengan tema Penerapan Aplikasi “Accurate” dalam Perusahaan Dagang. Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja usaha perusahaan dagang yang diproxykan sebagai perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang distributor Semen Indonesia di kota Gresik, Jawa Timur.

Kegiatan ini didasarkan karena terbatasnya program aplikasi yang sudah digunakan oleh perusahaan beberapa kali tetapi mengalami crash (buntu), sehingga dibutuhkannya aplikasi keuangan yang bisa menyeluruh. Dari hal tersebut membuat manajemen merasa perlu untuk mencoba menggunakan suatu program aplikasi yang bisa menghubungkan semua siklus bisnis, dengan demikian bisa disusun suatu laporan keuangan yang bisa diandalkan dan digunakan di masa yang akan datang.

Aplikasi “Accurate” sebagai salah satu aplikasi akuntansi penyusunan laporan keuangan mencoba menawarkan “kemampuan” nya dalam meramu dan mengubungkan seluruh siklus bisnis mulai dari siklus penjualan, siklus pembelian dan siklus keuangan yang memang bisa menjadi alternatif bagi seluruh jenis perusahaan untuk digunakan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam 6 tahap yaitu Tahap Konsep, Tahap Pengembangan, Tahap Training/Implementasi, Tahap Maintenance, Tahap Design Custom dan Modifikasi, Tahap Optimalisasi. Hasil dan implikasi dari kegiatan ini berhasil mengimplementasikan dan melakukan pendampingan terhadap perusahaan untuk menjalankan aplikasi accurate.

Kegiatan ini juga berhasil untuk memperbaiki kinerja perusahaan sesuai dengan kebutuhan manajemen perusahaan. Kegiatan ini berhasil menghubungkan semua siklus bisnis perusahaan sehingga mampu menghasilkan laporan keuangan yang dapat diandalkan di masa yang akan datang melalui aplikasi accurate. Implikasi kegiatan ini yaitu memperbaiki kinerja usaha dalam hal laporan keuangan perusahaan dagang yang bergerak dalam bidang distributor Semen Indonesia di kota Gresik, Jawa Timur.