<!–:id–>Bekerja Sama dengan BPKP, PMA FEB UB Selenggarakan GLS tentang Akuntansi & Audit Sektor Publik<!–:–>

BRAWIJAYA ACCOUNTING FAIR (2014)
21 October 2014
<!–:id–>FEB UB Segera Jalin Kerja Sama dengan University of Canberra<!–:–>
23 October 2014

Rabu (22/10), bertempat di Ruang Sidang Utama FEB UB, Program Magister Akuntansi (PMA) FEB UB bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan & Pembangunan (BPKP) mengadakan Guest Lecture Series (GLS). Tema yang diangkat dalam kesempatan kali ini adalah penerapan akuntansi berbasis akrual pada sektor pemerintahan. Tati Christiani, C.A., salah seorang praktisi dari BPKP Pusat didapuk sebagai pemateri dalam kuliah tamu tersebut. Topik yang diusung adalah Akuntansi dan Audit Sektor Publik.

Puluhan Mahasiswa PMA, terutama yang mengambil konsentrasi sektor publik hadir memenuhi acara yang dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Akuntansi, Nurkholis, Ph.D., Ak. CA. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas serta pengetahuan kita terkait Public Sector Accounting, khususnya di negara Kita”, ujar Beliau dalam sambutannya.

Perjalanan akuntansi sektor publik di Indonesia telah melewati proses yang sangat panjang. Proses reformasi sistem pengelolaan keuangan Indonesia terus menerus dilakukan, namun hingga kini belum membuahkan hasil yang optimal. Perlu waktu, dana, dan usaha yang tidak sedikit untuk benar-benar menerapkan akuntansi berbasis akrual pada akuntansi sektor publik di Indonesia. Perguruan tinggi diharapkan turut berperan aktif dalam proses ini.

“Penerapan basis akrual pada akuntansi sektor publik sudah tidak dapat ditawar lagi”, tutur Tati Christiani, CA. Basis akrual akan diterapkan dalam pemerintahan pada tahun 2015, seperti yang telah diamanatkan oleh undang-undang. Sehingga seluruh instansi pemerintah dari pusat hingga daerah harus telah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Salah satu usaha BPKP dalam membantu pemerintah menerapkan hal tersebut adalah dengan memberikan beasiswa Star BPKP bagi sejumlah pegawai instansi pemerintah yang dipilih melalui proses seleksi. (azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan