<!–:en–>BEM: SOCIAL IN ACTION (SIA) 2014<!–:–><!–:id–>BEM: SOCIAL IN ACTION (SIA) 2014<!–:–>

<!–:id–>Jalan Sehat dalam rangka Dies Natalis ke 53 FEB UB<!–:–><!–:en–>Jalan Sehat dalam rangka Dies Natalis ke 53 FEB UB<!–:–>
23 November 2014
<!–:id–>Dies Natalis ke 53, FEB UB Berkomitmen Menjadi Kampus yang Peduli Lingkungan<!–:–>
24 November 2014

Pada tanggal 21, 22 dan 23 November 2014 bertempat di Dusun Borogragral, Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur diadakan kegiatan SOCIAL IN ACTION (SIA) 2014 yaitu berupa pembangunan desa tertinggal. Seluruh panitia terlebih dahulu berkumpul di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dan berangkat menggunakan dua truck untuk menuju desa binaan. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke tempat tujuan.

Setelah tiba di Dusun Borogragal, panita berkemas-kemas untuk menuju rumah warga yang akan mereka tinggali selama tiga hari. Pada hari pertama, panitia membagikan kupon benih sawi gratis, paket sembako murah dan pengobatan gratis. Selain pembagian kupon ada beberapa panitia yang melaksanakan out bond bersama anak-anak warga Dusun Borogragal. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antar anak dalam sebuah tim. Pada sore hari mereka dikumpulkan kembali untuk praktek sikat gigi yang baik dan benar.

Pada hari kedua berlangsung kegiatan produksi berupa penyuluhan ternak ikan lele yang dipandu oleh mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya. Pada kegiatan kesehatan terdapat pengobatan gratis di Mushola Nurush Shollah yang mendatangkan dua orang dokter dan LAKESMA FK UB. Seluruh masyarakat yang telah menerima kupon dapat berobat secara gratis. Pada malam harinya panitia menyiapkan hiburan layar tancap berupa menonton film bersama di salah satu rumah warga.

Pada hari terakhir di Dusun Borogragal terdapat kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat yaitu pembagian benih sawi secara gratis, pembagian sembako murah dan pasar murah. Di kegiatan lain, anak-anak belajar untuk membuat karya berasama panitia dan diakhiri dengan foto bersama. Selain itu juga terdapat perbaikan infrastruktur di sekitar Mushola Nurush Shollah berupa pembuatan akses jalan dari tempat wudhu ke mushola. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan antusias masyarakat agar lebih sering sholat di mushola.

Kegiatan SOCIAL IN ACTION (SIA) 2014 tidak hanya berlangsung pada tiga hari saja. Satu bulan sebelumnya, panitia setiap akhir pekan berkunjung ke Dusun Borogragal untuk mengajar anak-anak dalam aspek akademik maupun non akademik. Selain itu panitia jauh-jauh hari telah membuat kolam ikan lele dan mengganti jendela mushola yang dulunya ditutup dengan kayu diganti kaca. Panitia berharap kegiatan ini dapat membantu seluruh masyarakat untuk memajukan Dusun Borogragal ke depannya.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan