Berdayakan Masyarakat, FEB Universitas Brawijaya Inisiasi JIE Mengabdi

Selamat Program Doktor Ilmu Manajemen Telah Memperoleh Akreditasi Unggul
21 October 2021
Pengambilan Ijazah Periode 1 dan 2 Tahun Akademik 2021/2022
22 October 2021

Jurusan Ilmu Ekonomi (JIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) Malang menginisiasi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bertajuk “JIE Mengabdi”. Kegiatan ini dilaksanakan berjangka waktu multi years, yaitu pada tahun 2020 dan 2021.

Pengabdian kepada masyarakat ini berhasil diselenggarakan berkat kerja sama yang dijalin oleh JIE dengan Pemerintah Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. JIE Mengabdi Universitas Brawijaya ini pada pemberdayaan masyarakat desa secara maksimal, dalam dua tahun, JIE Mengabdi 2020 dikemas dalam 13 macam aktivitas, di antaranya penyuluhan peningkatan kemampuan kewirausahaan berbasis tanaman organik di Desa Kedungrejo.

Kemudian, kegiatan diskusi mendalam terkait peningkatan kapasitas aparatur desa di Desa Sumberpasir dan Sumber Kradenan; Pelatihan dan pendampingan pengelolaan BUMDes berbasis digital di Desa Sekarpuro; Sosialisasi produk pembiayaan dan jasa keuangan syariah di Desa Mangliawan; dan pemberian bantuan buku dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat di Desa Saptorenggo; serta beberapa kegiatan lainnya yang tersebar di berbagai desa di Kecamatan Pakis.

Kegiatan yang dimotori oleh Sivitas Akademik JIE ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat Kecamatan Pakis, terbukti dari tingginya antusiasme para peserta pada saat berlangsungnya berlangsungnya acara, juga tahapan-tahapan lanjutan dalam kegiatan JIE Mengabdi ini.

Khusus untuk tahun 2021, sehubungan dengan dampak dari vakumnya beberapa kegiatan ekonomi akibat pemberlakuan PPKM, JIE Mengabdi juga menambahkan mata kegiatan bakti sosial (baksos) berupa pemberian paket sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 secara ekonomi.

Selanjutnya, dari kegiatan ini banyak feedback positif yang dihasilkan, dan ini mendorong JIE Mengabdi Universitas Brawijaya agar selalu meningkatkan kerja sama berbasis pemberdayaan masyarakat sehingga dapat memberikan kebermanfaatan yang luas bagi masyarakat, dan berkontribusi terhadap pembangunan Bangsa Indonesia pada umumnya.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan