Berita Acara Asia Youth International MUN 2019

OPEN HOUSE KM
27 August 2019
PIMNAS NON PKM 2019
28 August 2019

 

Pada hari pertama yaitu hari Minggu tanggal 25 Agustus 2019, tim delegasi dari berbagai negara tiba di Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) pada pukul 13.00 waktu Malaysia. Saya diantarkan ke akonomadi penginapan dan diantar kembali pukul 19.00 waktu Malaysia ke Putrajaya International Convention Center (PICC) untuk upacara pembukaan dan MUN 101 yang merupakan technical meeting mengenai prosedural Model United Nation.

Pada hari kedua yaitu hari Senin tanggal 26 Agustus 2019, saya berangkat dari penginapan ke PICC dan menuju ruangan tempat council saya berada. Council saya bernama UNEP ((United Nation Environmental Programme) dengan agenda pembahasan “Reducing the use of single-use plastics and the seventh plastic continent”. Saya mendapatkan alokasi negara Cyprus. Dan untuk hari itu terdapat empat sesi Comittee Session yang berjalan dari jam 09.00 hingga 17.00 waktu Malaysia. Dalam debat dan diskusi hari itu kondisinya santai namun bahsannya sangat dinamis. Saya mendapatkan beberapa kali kesempatan bicara dan juga untuk mengajukan mosi. Dan pada sesi terakhir kami membuat suatu Working Paper yang berisi tentang solusi dari beberapa negara.

Pada hari ketiga yaitu hari Selasa tanggal 27 Agustus 2019, Diadakan Comittee Session lanjutan untuk membahas beberapa Working Paper menjadi satu Draft Resolution  yang menjadi akhir suatu kesimpulan dari dua hari rangkaian debat dan diskusi ini. Pada hari ketiga ini hanya terdapat tiga sesi dan dimulai dari jam 09.00 hingga 15.00 waktu Malaysia. Kami kembali ke PICC pukul 19.30 untuk mengikuti cultural show dan pembagian penghargaan sebagai penutup dari AYIMUN 2019. Sambutan pembuka acara penutup dibawai oleh Miss Universe Indonesia 2019 dan Pangeran Selangor Malaysia. Dalam acara cultural show beberapa negara memberika penampilannya. Pada bagian penghargaan, saya belom bisa mendapatkan penghargaan secara fisik namun saya dapat penghormatan secara verbal.

Pada hari keempat yaitu hari Rabu tanggal 28 Agustus 2019 merupakan hari kepulangan, namun saya memutuskan untuk pulang 2 hari kemudian karena kehabisan tiket pesawat.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan