BRAWIJAYA ACCOUNTING FAIR 2015 (BAF’15) “Facing New Challenges and Opportunities of the Asian Pacific Integration”

DELEGATION OF NATIONAL SCIENTIFIC WRITINGS AL – HIKMAH PMM 2015 AT PENDIDIKAN GANESHA UNIVERSITY
4 December 2015
UNEJ CREATIVE COMPETITION 2015 HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI
4 December 2015

Dunia bisnis merupakan salah satu tempat hidup dan berkembangnya ilmu akuntansi. Ilmu pengetahuan akan selalu berkembang dan terjadi pada semua bidang. Hal ini menuntut adanya kerjasama setiap elemen masyarakat untuk memperoleh suatu kesepakatan. Akuntansi sebagai salah satu bidang ilmu selalu mengikuti perkembangan jaman dan banyak membantu aktivitas kemasyarakatan.

Saat ini akuntansi telah merambah kepada setiap sendi – sendi kehidupan ekonomi, hal ini menuntut pelaporan yang bersifat holistik. Tidak hanya dari sisi finansial namun juga dari sisi nonfinansial, berorientasi ke depan, mampu mengukur aktiva dan ketepatan waktu dalam penyajiannya, sehingga mampu menjawab tantangan tersebut, diharapkan akuntansi dapat tetap menjadi bagian penting dalam dunia bisnis dimasa depan. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya memiliki kewajiban untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasar kerja atau mengembangkan ilmu pengetahuan dan pengabdian masyarakat.

Pengabdian masyarakat dari mahasiswa akuntansi dapat dilakukan dengan menyiapkan dirinya sebaik mungkin dalam menghadapi dunia kerja. Selain itu, dapat pula dilakukan pengkajian secara kritis tentang masalah – masalah yang berhubungan dengan ilmu akuntansi. Salah satu masalah penting dalam perekonomian Indonesia maupun dunia saat ini adalah pemberlakuaannya standar akuntansi baru dalam mengahadapi free trade ASEAN Economic Community (AEC). AEC akan mulai berlaku pada tahun 2015 ini. Regulasi standar akuntansi menjadi panutan bagi para profesi akuntan dalam mengahadapi pasar bebas mendatang. Pembentukan kesadaran akan hal tersebut menjadi penting bagi mahasiswa akuntansi. Karena sebagai generasi penerus yang akan menjadi penggerak perekonomian bangsa kelak, mahasiswa akuntansi harus memiliki bekal. Bekal tersebut adalah kesadaran akan perkembangan sistem ekonomi yang berdampak pada akuntansi secara umum, semangat untuk mempersiapkan diri akan tantangan dimasa depan, dan peningkatan wawasan serta ilmu pengetahuan yang melingkupinya.

Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya memfasilitasi usaha untuk mengembangkan wacana dari dunia akuntansi dengan menyatukan semua elemen di jurusan akuntansi dalam acara BRAWIJAYA ACCOUNTING FAIR 2015 (BAF’15) dengan tema “Facing New Challenges and Opportunities of the Asian Pacific Integration”. Kegiatan ini diharapkan berguna bagi perkembangan ilmu akuntansi dan peningkatan kualitas keterampilan diri mahasiswa akuntansi.

Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan adalah: 1) Seminar Nasional “Facing New Challenges and Opportunities of the Asian Pacific Integration”, 2) International Conference (proses penyelesaian melalui call of paper), 3) Accounting Challenge (proses penyeleksian dilakukan melalui preleminary test), 4) Screaming on BAF, dan 4) Shining on BAF. Keempat acara yang diadakan ini diharapkan dapat meningkatkan nama dan peran Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Universitas Brawijaya di Indonesia. Motivasi utama kami, panitia BAF’15 untuk mencapai suksesnya acara ini adalah membawa nama baik almamater dalam setiap event yang diadakan. Maka dari itu, kami membutuhkan dukungan dari seluruh pihak untuk mewujudkan kesuksesan acara BRAWIJAYA ACCOUNTING FAIR 2015.

TEMA KEGIATAN

Facing New Challenges and Opportunities of the Asian Pacific Integration”

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

  1. Seminar Nasional

Hari / Tanggal     :   Senin, 16 November 2015

Waktu                 :   08.00 – 15.00 WIB

Tempat               :   Gedung Widyaloka, Universitas Brawijaya

  1. Accounting Challenge

Hari / Tanggal    :  Selasa, 17 November 2015

Waktu                :    07.00 – 17.00 WIB

Tempat              :    Gedung F FEB – UB

  1. Screaming on BAF

Hari / Tanggal     :   Rabu, 18 November 2015

Waktu                 :   07.00 WIB – 15.00 WIB

Tempat               :   Eco Green Park Kota Wisata Batu

  1. Shining on BAF

     Hari / Tanggal     : Rabu, 18 November 2015

     Waktu                 : 18.00 – 21.00

     Tempat               : Best Western OJ Hotel

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan