BROADWAY 2017: PURWA SAHWAHITA

Suara IE Langkah Perubahan
22 November 2017
PEPS (Praying, Evaluating ,Planning, Studying) PMK MALEAKHI 2017
22 November 2017

Padatnya jadwal perkuliahan yang ada serta kesibukan mahasiswa yang tiada habisnya menuntut suatu stamina dan daya tahan tubuh yang seimbang dan kuat serta mentalitas yang tinggi, dengan diadakannya acara ini semoga dapat membantu melepas penat dan kejenuhan yang dialami mahasiswa, sebagai refreshing dan olahraga sekaligus untuk saling berbagi juga untuk mempererat dan mengakrabkan antar mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi dan bersaing secara sehat dalam mengasah bakat serta menekan sedikit rasa kebosanan dan kejenuhan dalam beraktivitas, sehingga mampu menciptakan integritas dan keseimbangan antara aktivitas akademik dengan aktivitas non akademik. Di tengah persaingan yang ketat di dunia usaha, mahasiswa harus mampu mengembangkan inovasi dan kreativitas. Dalam hal ini, BROADWAY 2017 memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan inovasi dan kreativitasnya di bidang bisnis. Dengan adanya kompetisi business plan yang diadakan pada rangkaian acara BROADWAY 2017 mampu menghasilkan output wirausahawan muda yang tidak kalah dengan wirausahan yang sudah sukses di bidangnya.

Tidak hanya berhenti pada usaha mengembangkan kualitas softskill yang baik lewat kompetisi olahraga dan kompetisi bussiness plan, BROADWAY 2017 juga memberikan wadah bagi pecinta seni khsususnya seni fotografi. Lewat kompetisi ini mahasiswa mampu menyalurkan minat dan bakatnya dalam bidang seni. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi menyelenggarakan kegiatan BROADWAY 2017 ini dengan tema besar “Purwa Sahwahita” yang berarti permulaan yang bermanfaat bagi kita semua. Harapannya, kehadiran BROADWAY 2017 dapat menjadi sebuah langkah awal perkenalan Jurusan Ilmu Ekonomi dan dapat memberikan manfaat baik untuk pihak eksternal maupun pihak internal.

Rangkaian acara yang pertama dari kegiatan BROADWAY 2017 yaitu pembukaan yang diisi dengan perkenalan acara. Kegiatan pembukaan ini dilaksanakan hari Jumat, 6 Oktober 2017 di Lapangan Parkir Atas dan Basement Gedung E Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang berisi berbagai rangkaian acara yaitu diadakannya Art Exhibition serta Opening Ceremony yang bersifat formal, melambangkan bahwa BROADWAY 2017 telah resmi dibuka.

Selanjutnya rangkaian BROADWAY 2017 yang kedua Technical Meeting merupakan salah satu dari rangkaian acara dalam bidang olahraga. Kegiatan ini merupakan agenda awal acara sebagai sarana penjelasan rangkaian kegiatan perlombaan di bidang olahraga dan bertempat di Aula Gedung F Lantai 7 FEB Universitas Brawijaya. Pada technical meeting ini selain dijelaskan penjelasan teknis terkait rangkaian kegiatan perlombaan di bidang olahraga juga memaparkan teknis pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 1  Oktober 2017.

Lalu pada lomba olahraga yang dilaksanakan pertama adalah lomba basket yang dilaksanakan antar pelajar tingkat SMA se-Jawa dan Bali. Lomba Basket untuk SMA dilaksanakan mulai pada hari Sabtu hingga Rabu, tanggal 7-11 Oktober 2017 bertempat di Champion (Tidar). Pada lomba basket diikuti oleh 8 tim dari SMA seJawa – Bali yaitu: SMKN 2 PROBOLINGGO, SMA TARUNA NALA JAWA TIMUR, SMAN 8 MALANG, SMAN 10 MALANG, SMA ST ALBERTUS (TIM A), SMA ST ALBERTUS (TIM B), SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL, SMA LABS MALANG dan yang  menjadi juara 1 adalah SMAN 8 MALANG sedangkan juara 2 ditempati oleh SMAK ST. ALBERTUS  (TIM A) dan juara 3 diraih oleh SMAN 10 MALANG pada lomba basket BROADWAY 2017.

Rangkaian dari lomba olahraga yang kedua yaitu lomba catur ini yang dilaksanakan pada hari Minggu, 8 Oktober 2017 dengan estimasi waktu untuk menyelesaikan semua pertandingan adalah kurang-lebih satu hari. Lomba catur ini bertempat di Aula Gedung Utama Lantai 3 FEB Universitas Brawijaya dengan diikuti oleh mahasiswa aktif seluruh universitas se-Jawa dan Bali. Pada lomba catur diikuti oleh 10 peserta dan yang  menjadi juara 1 adalah R.Edo Ferdy Hermawan sedangkan juara 2 ditempati oleh Rizky Akbar C.W dan juara 3 diraih oleh Sholahuddin Al Ayyubi pada lomba catur BROADWAY 2017. Adapun peserta lomba catur BROADWAY 2017, yaitu : Joshua Christian Oetomo, Yohanes Fido, Hans Shenelir, Calvin Saputra, Marsianus Lanamana, Rivaldo Kurniawan, M Rizal Fakhri A, Rizky Akbar C.W, Sholahuddin Al Ayyubi, R.Edo Ferdy Hermawan.

Lalu lomba kedua yang diselenggarakan di BROADWAY 2017 adalah Bussiness Plan Competition yang terdiri dari 3 rangkaian acara, yaitu Technical Meeting, Business Plan Presentation, dan Coaching Clinic. Technical Meeting merupakan acara pembuka dari  acara BROADWAY 2017 di bidang Business Plan Competition yang berisi penjelasan tentang tema dan rangkaian kegiatan, peraturan dan ketentuan (selama mengikuti rangkaian acara dan presentasi), serta penjelasan aspek penilaian dan kategori juara yang dilaksanakan pada hari Jumat, 13 Oktober 2017 di Guest House Universitas Brawijaya. Selanjutnya Business Plan Presentation  diikuti oleh 10 tim dari mahasiswa aktif seluruh Universitas se-Indonesia dan yang menjadi Juara 1 adalah Chick n Pop – ITK Binus Malang sedangkan Juara 2 ditempati oleh Gethoek Roll – ITK Binus Malang dan Juara 3 diraih oleh Payung Gamis – Universitas Brawijaya pada lomba business plan BROADWAY 2017. Adapun yang masuk 10 finalis lomba business plan BROADWAY 2017, yaitu: Green Coffee – IIK Bali, Payung Gamis – FEB UB, Gethoek Roll – ITK Binus Malang, Chaya Bir Pletok – FEB UB, Bantal Custom Happy Sleepy – Umum, SUBU – ITK Binus Malang, Pempek Keju – FEB UB, Remos Spray – FEB UB,  Apple Donut – FEB UB, Chick n Pop – ITK Binus Malang.

Kegiatan selanjutnya yang ada di perlombaan BROADWAY 2017 di bidang fotografi se-nasional dengan mengangkat tema “Ekonomi Sebagai Potret Kehidupan”. Lomba ini dilaksanakan secara online pada waktu yang telah ditentukan dan Hasil foto langsung dikirimkan dalam bentuk soft copy ke email BROADWAY 2017. Pendaftaran akan dilaksanakan melalui registrasi online. Pada bidang Fotografi ini akan mengambil 3 kategori pemenang, yaitu Juara 1, Juara 2, dan Juara 3. Pada hari puncak BROADWAY 2017, hasil 15 besar peserta akan dipamerkan, serta pengumuman pemenang dari seluruh kompetisi yang diadakan pada acara BROADWAY 2017. Lomba fotografi diikuti oleh 12 peserta dan yang menjadi Juara 1 adalah Enggal Mukti sedangkan Juara 2 ditempati oleh M. Firel Al Fitri dan Juara 3 diraih oleh Bagus Satria Putra Anggoro pada lomba fotografi BROADWAY 2017. Adapun peserta lomba fotografi BROADWAY 2017, yaitu: M Firel Al fitri, Retno Septiani, Bagus Satria Putra Anggoro, Dhea Amelia, Brian Jordi, Brian Jordi, Dimas Fauzi Wicaksono, Norton Gartino, Deni Ganda W, Sue Rebeka, Enggal Mukti, Wawan Dwi Prastyo.

Setelah berbagai bidang perlombaan BROADWAY 2017 terlaksana, maka ditutup dengan beberapa rangkaian acara seperti Pementasan BEC, Orkestra Universitas Brawijaya, Pentas Seni yang mengundang beberapa bintang tamu, yaitu: Seniman lokal Malang dan Band dengan taraf local serta penyerahan hadiah untuk pemenang di berbagai bidang perlombaan. Kegiatan ini  dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Oktober 2017 bertempat di Gazebo Universitas Brawijaya.

Contact person

Nathania Eda Ramadhani

155020101111033

085782287403

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan