BUSINESS PLAN COMPETITION PENAS II

Holding BUMN, APBN, Dan Kemandirian Ekonomi
22 August 2016
Download Materi Rapat Kerja FEB UB
24 August 2016

Pertumbuhan  ekonomi  yang  kian  meningkat  tahun  demi  tahun  di  Indonesia  dan negara berkembang  pada umumnya. Setiap sektor berkembang pesat, baik sektor produksi barang, jasa, dan perdagangan.Setiap sumber daya dan faktor produksi dimaksimalkan untuk mencari laba sebesar-besarnya.

Indonesia  pada  hakikatnya  merupakan  negara  potensial  yang  kaya  akan  sumber daya  alam  yang  dapat diolah  menjadi  suatu  yang  bernilai.  Namun  banyak  dari  masyarakat yang tidak menyadari akan hal itu. Keuntungan yang di dapat apabila bisa mengembangkan sumber daya ini pastilah sangat besar.

Ekonomi  yangmerupakan  salah  satu  sektor  terpenting  dalam  keberhasilan  suatu negara.Keberhasilan  suatu  negara  itu  salah  satunya  dilihat  dari  keberhasilan  setiap daerahnya  dalam  membangun  perekonomian  yang  berwawasan  lingkungan.  Salah  satunya dibangun  dari  industri  kreatif  yang  dapat  menjadi  cikal  bakal  bagi  tonggak  kekuatan nasional.Dengan mengangkat tema Optimalisasi Potensi Lokal  Berbasis Ekonomi Unggul dan Kompetitif, hadirnya Business Plan Competition (BPC) ini sebagai salah satu cara untuk mewujudkan  cita-cita  bangsa  dalam  rangka  mensejahterakan  sosial  dengan  ide-ide  bisnis inovatif  yang  dapat  menciptakan  produk-produk  kreatif  yang  kompetitif  namun  tetap berwawasan lingkungan. Penciptaan peluang bisnis itu sendiri mencakup empat hal berikut yaitu:

  1. Usaha kuliner
  2. Penyediaan jasa
  3. Inovasi teknologi
  4. Indusri kreatif.

Bagaimana cara mengelola potensi sumber daya alam Indonesia agar dapat menjadi suatu solusi bagi masalah perekonomian negeri sehingga dapat menciptakan produk unggul yang berwawasan lingkungan.

Nama Kegiatan yang kami selenggarakan adalah “PEKAN EKONOMI NASIONAL (PENA) SRIWIJAYA JILID II 2016”. Dengan tema “Optimalisasi Potensi Lokal  Berbasis Ekonomi Unggul dan Kompetitif”Dengan berlandaskan tri dharma perguruan tinggi acara ini bertujuan untuk menyalurkan bakat mahasiswa terutama dalam kegiatan menulis rencana bisnis untuk menuangkan pemikirannya dalam menangani masalah ekonomi dan Memberikan sumbangan bagi kemajuan bangsa dan pemerintah.

            Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27-29 Mei 2016 bertempat di Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. Peserta kegiatan dari mahasiswa universitas diseluruh indonesia.

            Target dari pengiriman delegasi ini adalah agar dapat mengharumkan nama Universitas Brawijaya pada umumnya dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya pada khususnya, di tingkat nasional. Sedangkan hasil yang di capai dari kegiatan tersebut adalah tim delegasi universitas brawijaya meraih juara favorit.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan