Call for Papers Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia (KNPAI) JAFEB UB

Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia (KNPAI) JAFEB UB, 18-20 April 2012
18 April 2012
Seminar Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia (KNPAI) JAFEB UB
19 April 2012

Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JAFEB UB) telah melaksanakan Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia (KNPAI) pada hari Rabu-Jumat (18-20/4). Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah Call for Papers yang dilaksanakan di Gedung E, FEB UB.

Mengangkat grand tema konferensi “Konstruksi Arsitektur Pendidikan Akuntansi Berbasis Pancasila untuk Penguatan Jati Diri Bangsa”, Call for Papers mengusung beberapa topik bahasan yang terkait dengan tema utama yaitu: 1) Filosofi pendidikan, 2) Metode pembelajaran, 3) Aspek hukum pendidikan, 4) Lingkungan pendidikan (globalisasi, internasionalisasi, nilai-nilai lokal), 5) Etika pendidikan, 6) atau topik lainnya yang terkait dengan pendidikan akuntansi di berbagai jenjang pendidikan (vokasi, s1, s2, s3, profesi). Total paper yang diterima oleh panitia adalah 45 papers dan yang diterima untuk dipresentasikan adalah 33 papers. Sedangkan jumlah peserta yang mempresentasikan papers sebanyak 40 orang. Selanjutnya akan dijaring 5 best papers dengan kriteria penilaian yaitu kontribusi, diskusi literatur, pembahasan hasil, dan presentasi. Hadiah yang diberikan untuk 5 best paper yaitu publikasi di jurnal JAFEB UB, JAMAL, dan beasiswa sertifikasi dari IAI untuk mengikuti SAS/CPSAK.

Berikut adalah 5 best paper dimulai dari peringkat teratas: 1) Peningkatan Relevansi Program Studi melalui Desain Model Job Order Berbasis Kompetensi Kerja Industri (Muhammad Noor Ardiansah, SE, MSi, Ak – Politeknik Negeri Semarang), 2) Penerapan Metode Problem-Based Learning pada Mata Kuliah Auditing untuk Peningkatan Pemahaman Mahasiswa tentang Kekeliruan dan Kecurangan Audit(Nikmatuniayah,SE, MSi, Ak dan M  Noor Ardiansah – Politeknik Negeri Semarang), 3) Efektifitas‘Peta Konsep’ dalam Proses Belajar Mengajar Mata Kuliah Dasar Akuntansi Materi Penggolongan Akun (Drs. Fachrurrozie, M.Si, dkk –Universitas Negeri Semarang, 4) Accounting for Society : Orientasi Keunggulan Kurikulum untuk Kepentingan Masyarakat (Dr. Nunuy Nur Afiah, MSi, Ak  dan Prima Yusi sari – Universitas Padjadjaran), 5)  Accounting for Society: Paradigma, Desain dan Implementasi Arsitektur Pendidikan Akuntansi S1 di Universitas Padjadjaran(Syaiful Rahman Soenarie dan Prima Yusi Sari – Universitas Padjadjaran). (mir/ris)