CIES Goes To School “The Rises of Islamic Economic in Indonesia”

Management Entrepreneur Days 2019
25 April 2019
Delegasi FEB UB Mendapatkan Medali Perak dalam Indonesian International Invention Festival (I3F) 2019”
25 April 2019

Latar Belakang

Meskipun mayoritas penduduk beragama Islam, tidak banyak hukum-hukum Islam yang di berlakukan hanya sebagaian kecil peraturan Islam menjadi salah satu poin dalam undang-undang. Antara lain hukum waris, pernikahan dan jual beli. Salah satu hal yang disayangkan adalah peraturan tentang hukum syari’ah yang berfokus pada ekonomi Islam tidak di gunakan secara luas. Hukum ini bertujuan pada kemaslahatan umat sehingga tidak mengkhususkan diri pada kaum muslim saja, namun menyeluruh pada semua umat manusia.

Goncangan ekonomi dunia sempat membuat Indonesia kelabakan dan beberapa kali mengalami krisis, bahkan menimbulkan kesenjangan tinggi yang bisa dirasakan dampaknya sampai saat ini. Hal ini menunjukkan perlu adanya pembaharuan sistem ekonomi yang mampu menyelesaikan masalah ekonomi di era modern ini.

Sebagai kader-kader ekonom robbani, mulai saat ini semangat Islami harus digalakkan dan dikenalkan  secara luas. Banyak hal yang bisa kita lakukan, mulai dari hal kecil yakni melakukan kebiasaan-kebiasaan yang Islami dan memperdalam wawasan. CIES dalam hal ini lembaga legal di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya menjadi lembaga aktif yang berjuang untuk menegakkan sistem Islam.

Melihat hal demikian maka CIES (Center for Islamic Economic Studies) merencanakan untuk melaksanakan kegiatan CGTS (CIES GOES TO SCHOOL) . CGTS atau CIES go to School adalah sebuah kegiatan Memperkenalkan ekonomi syariah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya serta Prodi Ekonomi Islam pada khususnya kepada pelajar SMA, sehingga pengenalan dasar tentang ekonomi Islam ini mampu menarik minat mereka untuk terus mengembangkan keilmuannya terhadap ekonomi Islam dan diharapkan juga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para siswa untuk memilih FEB UB sebagai pilihan studi lanjutan nantinya.

Tema Kegiatan

“The Rises of Islamic Economic in Indonesia”

Maksud dan Tujuan

Kami bertujuan untuk memberikan pengenalan dasar tentang ekonomi Islam untuk menarik minat siswa SMA untuk terus mengembangkan keilmuannya terhadap ekonomi Islam dan diharapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para siswa untuk memilih FEB UB sebagai pilihan studi lanjutan nantinya. Materi yang telah disampaikan di dalam CGTS adalah materi-materi yang bertema seputar hakikat ekonomi Islam, keunggulan ekonomi Islam dibandingkan ekonomi konvensional, serta sharing tentang lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan mereka agar memilih PTN yang tepat dan sesuai. Pematerinya merupakan Chairman dan Badan Pengurus Harian CIES yang memiliki pengetahuan yang baik tentang ekonomi Islam dan tentang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini kami selenggarakan sesuai target yaitu 5 sekolah. Latar belakang pemilihan targetpun tidak sembarangan, kami memfokuskan terhadap siswa siswi yang telah menduduki jenjang pendidikan kelas 12 SMA. Pertama kami mengunjungi MA Muhammadiyah Plus Malang pada tanggal 18 April 2019. Untuk yang kedua kami mengunjungi Al Izzah International Islamic Boarding School pada tanggal 11 Mei 2019. Untuk yang ketiga kami akan mengunjungi Ar-Rahmah Putri Malang pada tanggal 21 September 2019. Untuk yang ke-empat kami akan mengunjungi SMAN 2 Batu pada tanggal 19 Oktober 2019. Untuk yang ke-lima kami akan mengunjungi SMA Islam Malang pada tanggal 26 Oktober 2019.

Susunan Acara

Jam Kegiatan
07.30-08.00 Persiapan Panitia
08.00-08.45 Mobilisasi dan Pemberangkatan
08.45-09.15 Persiapan di Tempat Kegiatan
09.15-10.00 Tilawah, Inspiring Story, Sambutan COC, dan Sambutan Kepala Departemen PR 2019
10.00-11.30 Materi Kajian Ekonomi Islam
11.30-11.45 Penutupan
11.45-12.00 Perjalanan Pulang Panitia
Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan