<!–:en–>CIES: SISMIC (SCHOOL OF ISLAMIC ECONOMIC)<!–:–><!–:id–>CIES: SISMIC (SCHOOL OF ISLAMIC ECONOMIC)<!–:–>

<!–:en–>CIES: MIT SYI’AR CIES<!–:–><!–:id–>CIES: MIT SYI’AR CIES<!–:–>
19 March 2015
<!–:en–>DPM: ASPIRATION CORNER<!–:–><!–:id–>DPM: ASPIRATION CORNER<!–:–>
19 March 2015

LATAR BELAKANG

Dewasa ini, perkembangan Ekonomi Islam dengan marak – maraknya baik dari segi akademis maupun praktis. Banyak sekali karya – karya tulis tentang Ekonomi Islam yang bermunculan di toko – toko buku. Para praktisi pun ikut andil dalam pengembangan Ekonomi Islam yang ditandai dengan semaraknya bisnis – bisnis berbasis syariah. Tokoh – tokoh Islam yang mempunyai pengaruh dalam pengambilan keputusan sangat mempengaruhi terwujudnya penerapan Sistem Ekonomi Islam secara menyeluruh. Begitu juga dengan generasi muda, khususnya mahasiswa yang memang dipersiapkan untuk menjadi agen perubahan dan kemudian akan merubah kondisi ekonomi saat ini menjadi lebih baik lagi.

Dunia kampus sebagai lembaga pendidikan tinggi yang akan melahirkan intelektual – intelektual muda juga harus menjadikan hal ini sebagai salah satu momentum agar dunia kampus dapat mencetak mahasiswa – mahasiswi yang dapat merubah nasib bangsanya. Penanaman solusi permasalahan yang ada juga tidak hanya dititikberatkan pada perbaikan moral mahasiswa tetapi juga pada perbaikan sistem ekonomi Indonesia dengan mengadakan pengkajian terhadap sistem ekonomi Islam yang telah terbukti pada beberapa abad yang lalu dapat memberikan kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat, baik itu muslim maupun non muslim.

Berbagai peliknya permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia semakin mendorong para mahasiswa ekonomi, khususnya anggota CIES untuk mengaji lebih dalam tentang Ekonomi Islam, salah satunya adalah melalui kegiatan yang mempunyai orientasi untuk mencetak kader ekonom – ekonom handal yang nantinya akan mampu memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa, khususnya dalam dunia Islam.

Atas dasar pemikiran di atas, Center for Islamic Economics Studies bermaksud untuk menyelenggarakan School of Islamic Economics (SISMIC 2015), dengan mengangkat sebuah tema bertajuk “Bumikan Ekonomi Islam dengan Semangat Peningkatan Intelektualitas dan Pengaplikasian Ekonomi Islam dalam Era Global”. Pengambilan tema ini bukan hanya kebutuhan slogan semata, namun hal ini juga diharapkan dapat menjadi jawaban atas kendala yang ada di dalam organisasi CIES mengenai perlunya sumber daya insani yang mumpuni di bidang Ekonomi Islam yang ditorehkan lewat pengkajian Ekonomi Islam secara komprehensif dengan dibantu pembicara yang profesional di bidangnya. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mencetak kader – kader ekonom rabbani.Wallahua’lam Bi Ash-Showwab.

TEMA KEGIATAN

“Bumikan Ekonomi Islam dengan Semangat Peningkatan Intelektualitas dan Pengaplikasian Ekonomi Islam dalam Era Global”

MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN

  1. Sebagai wadah yang memfasilitasi para kader CIES untuk meningkatkan intelektualitas serta mengaplikasikan dalam era global melalui pengakajian rutin dengan di bantu tentor ahli.
  1. Sebagai wadah peningkatan intelektualitas dalam hal menciptakan Sumber Daya Insani yang handal.
  2. Menganalisis isu kontemporer dan memberikan solusi dengan alternatif ekonomi Islam.
  3. Mensosialisasikan Ekonomi Islam di masyarakat.
  4. Dukungan Pengembangan Ekonomi Islam pada tataran akademisi.

PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan pembinaan SISMIC ini diselenggarakan oleh departemen Human Resources and Development (HRD), Center for Islamic Economics Studies (CIES), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya. SISMIC dilaksanakan 2 Minggu sekali mulai dari tanggal 16 maret sampai 27 november 2015 dengan frekuensi 13 kali pertemuan, dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

CONTAC INFO :

TWITTER   : @KSEI_CIES FEB UB
FACEBOOK : KSEI CIES UB

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan