Cies The Adventure

DELEGATION EVENTS COMPETITION DIPONEGORO ECONOMICS FESTIVAL (DEFEST) 2015 IN DIPONEGORO UNIVERSITY
17 November 2015
Sharing KMFEB BEM FEB UB
17 November 2015

Kegiatan CTA dilaksanakan pada tanggal 8 Juni tepatnya pada hari senin. Sesuai dengan keputusan panitia, seluruh peserta yang ikut harus berkumpul di Persada Swalayan tepat pada pukul 05.30 WIB, tetapi banyak peserta yang datang terlambat. Jam sudah menunjukkan tepat pukul 06.00 WIB tetapi bus masih belum datang. Ternyata ada miss comunication antara pihak agent dan supir. Supir bus menunggu di FEB sedangkan peserta menunggu di Persada Swalayan, tapi tidak beberapa lama supir bus dihubungi untuk datang menuju Paersada Swalayan. Tepat pukul 06.10 WIB bus datang, panitia dan peserta mulai bersiap-siap untuk berangkat.

 Pukul 06.15 WIB kami berangkat dari malang. Di perjalanan menuju Jember, tidak lupa panitia acara memandu peserta untuk membaca doa terlebih dahulu agar perjalanan kami lancar dan selamat sampai tujuan. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian konsumsi untuk seluruh peserta dan peserta memakan konsumsinya. Selesai makan masing-masing peserta sibuk dengan kegiatan dan aktivitasnya masing-masing, ada yang main gitar, bernyanyi, main hp, bercanda, dan sebagainya. Kurang lebih 5 jam perjalanan kami dari malang menuju Jember,peserta banyak yang tertidur. Sebelum sampai di Jember,panitia menyuruh supir bus untuk berhenti di Pasuruan untuk menjemput Mas Rizky, selaku Chairman of CIES. Sesampainya di Pasuruan, supir bus berhenti dan Mas Rizky naik bus kemudian perjalanan kami lanjutkan.

 Sekitar pukul 11.30 WIB kami sampai di Universitas Jember. Sesampainya kami disana, kami disambut dengan riang oleh anak KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam) FE UNEJ. Sebelum acara dimulai, kami melaksanakan ibadah solat sekaligus menjamak solat zuhur dengan asar. Setelah semua peserta selesai barulah kami diarahkan dan dibawa oleh salah satu anak KSEI FE UNEJ menuju ruang sidang utama FE UNEJ, dan disanalah kami memulai acara untuk bertukar informasi. Di awal acara, tidak lupa sambutan dari masing-masing pihak, sambutan yang pertama dari ketua umum KSEI UNEJ, sambutan yang kedua dari ketua pelaksana CTA dan yang ketiga sambutan dari Pembantu DEKAN 3 FE UNEJ. Selesai sambutan dari Pembantu DEKAN 3 FE UNEJ maka acara kami resmi dibuka.

Acara yang pertama yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FoSSEI (Forum Silahturahmi Studi Ekonomi Islam), kemudian dilanjutkan dengan penyampaian proker dari masing-masing KSEI. Penyampaian proker yang pertama disampaikan oleh KSEI FE UNEJ dan dilanjutkan oleh KSEI CIES. Setelah penyampaian proker selesai barulah dibuka sesi tanya jawab yang dimulai dari KSEI CIES kemudian dilanjutkan  KSEI FE UNEJ. Di sesi tanya jawab inilah kami menghabiskan banyak waktu. Sekitar pukul 15.30 WIB acara kami selesai. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian vandel dan foto bersama dari ksei FE UNEJ dan ksei CIES.

Disesi tanya jawab banyak sekali informasi yang kami dapatkan tentang berbagai hal dari KSEI UNEJ. Permasalahan SDM berupa sedikitnya jumlah peminat serta tenaga ahli yang kurang memadai. Hal ini bisa dilihat dari anggota kepengurusan yang mayoritasnya perempuan. Saat pembinaan berupa Small Group Discussion (SGD) yang menjadi sarana transfer ilmu masih belum bisa berjalan dengan baik. Mereka belum memiliki kurikulum sehingga materinya tidak terstruktur. Namun hal ini terasa wajar karena mereka baru berumur satu tahun sehingga masih bisa berkembang dan mengevaluasi diri.

Dari teman teman CIES juga banyak bertanya tentang proker-proker dan departemen-departemen KSEI UNEJ. Proker berupa One Book One Alumnus yang mewajibkan para anggota lama yang sudah tidak aktif maupun yang aktif untuk menyumbangkan buku bacaan kepada KSEI agar anggota-anggota yang dapat menggunakannya untuk referensi maupun menambah pengetahuan. Selanjutnya C3B (Cantik, Cerdas, Cekatan dan Berbakat) yang merupakan pengajaran untuk anak-anak yang dilakukan oleh anggota perempuan. Dan juga pembahasan tentang departemen Syiar dan HRD yang memiliki kesamaan proker berupa seminar. Lalu Fungsi departemen RnI (Research and Implementation) yang berkaitan dengan pengkajian keilmuan.

Dari kegiatan ini kami dapat berkaca untuk mengevaluasi lembaga CIES. Dimana dari penyampaian yang dilakukan oleh KSEI UNEJ menambah wawasan kami tentang pentingnya pengelolaan organisasi dan penjagaan kader. Dari tahun ke tahun kekurangan kami adalah terlalu berkutat pada sistem dan konsep daripada eksekusi sehingga kadang tidak menjadi nyata kegiatan yang telah direncanakan. Dari kunjungan ini kami sadar betapa pentingnya komitmen dalam berkontribusi dalam organisasi sehingga dapat terus memberikan perbaikan.

Sebelum pulang ke Malang, kami menyempatkan untuk mencicipi kuliner Jember, yang katanya ramai dikunjungi. Wisata kuliner jember yang kami kunjungi yaitu kuliner mie jamur, yang pembuatan mienya berasal dari ubi. Sekitar 20 menit kami menunggu dan akhirnya mie jamur siap disantap. Selesai mencicipi kuliner jember, barulah kami melanjutkan perjalanan untuk pulang menuju malang.

Jam 17.00 WIB perjalanan menuju malang . Diperjalanan salah seorang dari kami mengajukan pertanyaan-pertanyaan lucu yang mesti dijawab, dan hampir semua jawaban yang diberikan tidak masuk akal. Setelah beberapa lama, salah seorang dari kami mulai menceritakan tentang hal-hal misterius yang membuat kami takut. Selesai bercerita, kami semua mulai lelah dan mulai tertidur satu persatu. Tidak terasa kami sampai di universitas brawijaya pada pukul 22.30 WIB, akan tetapi bus berhenti di Persada Swalayan dan kami semua mulai turun dan merapikan semua barang bawaan kami. Kemudian peserta pulang menuju rumah masing-masing.

_MG_0078 _MG_0073 _MG_0036

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK FEB UB)