Delegation for the Accounting Competition Indonesia Accounting Fair (IAF) 17

KAKAK ADIK ASUH (KADIKSUH) BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
29 March 2016
Pelaksanaan Wisuda Periode IX Tahun Akademik 2015/2016
1 April 2016

Sesuai visi dan misi Universitas Brawijaya, pendelegasian mahasiswa untuk mengkikuti ajang kompetisi tingkat nasional yang membawa nama Universitas Brawijaya pada umumnya dan Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada khususnya, merupakan salah satu wujud dari pengembangan ilmu pengetahuan yang selama ini hanya diperoleh melalui pendidikan di kelas. Untuk menambah wawasan dan memperkaya ilmu yang telah diperolehnya tersebut, mahasiswa disarankan untuk mengikuti ajang kompetisi untuk meningkatkan skill yang telah diperolehnya.

Indonesia Accounting Fair (IAF) 17 diadakan oleh Studi Profesionalisme Akuntan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Rangkaian acara IAF 17 terdiri dari seminar, training, accounting competition, dan paper competition. Accounting Competition ini merupakan lomba dibidang akuntansi tingkat nasional. Kompetisi ini menjadi ajang pertemuan bagi mahasiswa jurusan akuntansi di Indonesia untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Preliminary online pada tanggal 16 Januari 2016 yang lalu diikuti oleh dua tim dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Tim pertama yaitu Elizabeth Tri Utami, Riska Hartono, dan Rifdah Yuri Khairunnisa’; dan tim kedua yaitu Sintya Marantika, Bayu Setyoko, dan Lechmawati Lintang Januari. Tim pertama berhasil masuk ke 35 besar tim terbaik dalam babak preliminary dan lolos menuju Main Round yang akan diadakan pada tanggal 14-16 Maret 2016.

PELAKSANAAN KEGIATAN

Acara               : Indonesia Accounting Fair 17

Waktu             : 14 – 16 Maret 2016

Tempat            : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

HASIL KEGIATAN

Indonesia Accounting Fair merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Studi Profesionalisme Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (SPA FEB UI). Rangkaian acara Indonesia Accounting Fair (IAF) yang ke-17 ini terdiri dari Seminar, Training, Accounting Competition, dan Paper Competition. IAF 17 dimulai sejak tanggal 10 – 16 Maret 2016.

Accounting Competition sebagai rangkaian acara IAF 17 merupakan lomba tingkat nasional yang diikuti oleh mahasiswa Jurusan Akuntansi dari berbagai universitas di seluruh Indonesia. Tim delegasi sebagai perwakilan dari Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya telah mengikuti babak preliminary yang dilakukan secara online pada tanggal 16 Januari 2016. Tim Universitas Brawijaya 1 yang beranggotakan Elizabeth Tri Utami, Rifdah Yuri Khairunnisa’, dan Riska Hartono berhasil lolos menuju Main Round Accounting Competition. Pengumuman 35 besar yang berhasil lolos menuju Main Round diberitakan pada tanggal 29 Februari 2016.

Pada hari Senin, 14 Maret 2016 diadakan Technical Meeting untuk Main Round Accounting Competition. Technical Meeting diadakan dari pukul 16.30 hingga pukul 18.00 diikuti oleh 35 tim yang lolos menuju Main Round. Secara keseluruhan, terdapat empat tahap dalam Main Round. Tahap pertama yaitu Written Test dan Individual Test yang diikuti oleh 35 tim. Pada tahap kedua diikuti oleh 24 tim untuk Amazing Race. Tahap ketiga yaitu Debate Battle diikuti oleh 8 tim terbaik, dan tahap keempat yaitu babak final diikuti oleh 3 tim. Setelah Technical Meeting, acara dilanjutkan dengan Gala Dinner.

Tahap pertama Accounting Competition diadakan pada hari Selasa, 15 Maret 2016 pukul 08.00. Pada tahap pertama, tim delegasi mengikuti written test selama satu jam. Written test ini terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 20 soal benar/salah. Setelah written test, tim delegasi dihadapkan pada individual test, yaitu mengerjakan laporan arus kas secara individu.

Setelah tahap pertama selesai, tim delegasi menunggu pengumuman 24 besar. Tim delegasi berhasil lolos menuju tahap kedua, yaitu Amazing Race. Pada tahap ini, 24 tim dibagi menjadi 8 kloter, setiap kloter terdiri dari 3 tim yang bersama-sama mengitari 8 pos yang tersebar di lingkungan FEB UI. Pos-pos tersebut merupakan interactive games, ketiga tim dalam kloter yang sama diadu dalam sebuah games dan juga mengerjakan soal. Selesai Amazing Race, 24 tim kembali menuju meeting point untuk menunggu hasil dari tahap kedua. Tim Universitas Brawijaya 1 menduduki peringkat 19 dengan total nilai 153.

Berikut adalah rangkuman hasil perlombaan Indonesia Accounting Fair 17:

Tim Universitas Brawijaya I (Elizabeth Tri Utami, Riska Hartono, dan Rifdah Yuri Khairunnisa’) menduduki peringkat-19 pada tahap kedua dengan skor 153.

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK FEB UB)