DELEGATION INTERFAITH YOUTH FORUM 2015 SURABAYA

(Indonesia) FEB UB akan Adakan Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah
4 August 2015
KM FEB DAY 1 (15th) Student Executive Board of the Faculty of Economics and Business
5 August 2015

Indonesia  adalah  sebuah  negara  unik  yang  di  dalamnya  terdapat banyak  keberagaman  baik  dari  segi  suku,  budaya,  agama,  dan  bahasa.  Ini merupakan  keunikan  tersendiri  yang  membedakannya  dengan  negara  lain. Tidak banyak negara yang seperti Indonesia dalam hal keberagaman. Namun di  balik  keberagaman  ini  terdapat  potensi  baik  potensi  yang  positif  maupun  yang negatif. Keberagaman yang sejak dulu dikenal dengan nama Nusantara ini menjadikan Indonesia kaya akan budaya. Bisa dikatakan Indonesia adalah negara  multikultural  atau  plural.  Akan  tetapi  apabila  keberagaman  ini  tidak dirawat  dengan  baik  tidak  menutup  kemungkinan  adanya  perpecahan  atau konflik karena perbedaan.

Keberagaman  yang  ada  di  Indonesia  tergambar  melalui  banyaknya falsafah yang ada. Bhinneka Tunggal Ika tentu adalah representasi dari bangsa ini.  Berbeda-beda  tetapi  tetap  satu  dalam  kebersamaan.  Filosofi  Bhinneka Tunggal  Ika  selalu  menjadi  tuntunan  masyarakat  untuk  hidup  rukun  meski dalam  perbedaan.  Selain  itu  juga  masih  banyak  falsafah  lain  dalam  lingkup lokal yang mengakui dan menghargai perbedaan seperti Rujak di Jawa Timur, khususnya Surabaya. Rujak merupakan makanan tradisional yang disukai oleh seluruh  masyarakat.  Dalam  rujak  sendiri  terdiri  atas  berbagai  macam  buah, sayur, dan bumbu  dan  menjadi suatu cita rasa yang harmoni  . Keunikan rujak sebenarnya  mencerminkan  perbedaan  yang  ada  dalam  Indonesia.  Bangsa Indonesia  yang  terdiri  atas  berbagai  macam  etnis,  budaya,  dan  kepercayaan, sudah  seharusnya  memiliki  rasa  persatuan  dan  kesatuan  untuk  membangun negeri yang damai dan sejahtera bersama.

Kebersamaan  dalam  keberagaman  harus  terus  dirawat  agar  bangsa Indonesia  bisa  terus  fokus  membangun  bangsa  tanpa  terpengaruh  dengan masalah perbedaan. Ini menjadi penting sebab akhir-akhir ini banyak sekali peristiwa-peristiwa  yang menandakan adanya pergeseran nilai-nilai kehidupan di masyarakat yang tidak lagi mencerminkan kebersamaan dalam keberagaman. Peristiwa  intoleran  dan  diskriminasi  isu  SARA  terjadi  di  banyak  tempat  di Indonesia. Bahkan tidak sedikit daerah yang menjadi daerah konflik disebabkan perbedaan.Kemajemukan  yang  dimiliki  oleh  Indonesia,  selain  sebagai  sebuah keunikan, adalah sebuah kelebihan  yang harus mampu disikapi dengan bijak.

Persatuan  dan  kesatuan  Indonesia  hanya  bisa  diperoleh  jika  masyarakat  bisa menyikapi  perbedaan  dengan  bijaksana.  Terlebih  perbedaan  agama.  Sebab agama adalah salah satu entitas terbesar yang dimiliki manusia. Seringkali hal tersebut  disalahgunakan  oleh  oknum  tidak  bertanggungjawab  untuk menggalang massa dalam sebuah konflik yang mengatasnamakan agama.

Berangkat  dari  keprihatinan  terhadap  pergeseran  nilai-nilai kebersamaan dalam keberagaman di masyarakat, maka muncul gagasan untuk mulai  merawat  dan  menimbulkan  lagi  semangat  persatuan  sebagaimana Bhinneka  Tunggal  Ika.  Youth  Interfaith  Community  berinisiatif  untuk  mulai menggalakkan semangat persatuan dengan melibatkan para pemuda di seluruh Indonesia  yang  berlatar  belakang  agama  berbeda.  Melalui  program  Interfaith Youth Forum para pemuda yang berbeda agama akan diajak untuk memahami perbedaan  melalui  dialog  dan  kemudian  mencintai  serta  menghargai  serta merawat keberagaman tersebut.

Interfaith  Youth  Forum  merupakan  agenda  tahunan  oleh  Youth Interfaith Community.  Interfaith Youth Forum  pertama kali dilaksanakan pada tahun  2012  di  Palembang.  Kemudian  pada  tahun  2013  dilaksanakan  di  Bali serta  pada  tahun  2014  dilaksanakan  di  Palangka  Raya.  Adapun  pada  tahun 2015 kini, Interfaith Youth Forum akan diadakan di Surabaya.

BENTUK KEGIATAN

Bentuk kegiatan dari  Interfaith Youth Forum 2015  adalah seminar, dialog,  kunjungan  rumah  ibadah,  kampanye,  dan  volunteering  selama  4  hari yang bertujuan memunculkan bibit-bibit agen perdamaian di kalangan pemuda Indonesia

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

  1. Hari/Tanggal   :  Jumat-Selasa, 7-11 Agustus 2015
  2. Tempat         :  Hotel Fortuna, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Comments are closed.