Dengan Inovasi, Suatu Perusahaan dapat Memiliki Jutaan Pelanggan

Studi Banding BEM FEB UB dengan LEM FE UII
8 March 2014
On Line Seminar “E-commerce in South East Asia” oleh CEO PricePanda Berlin, Jerman
10 March 2014

Kiri ke Kanan; Ananda Sabil Hussein, SE., M.Com., Ph.D., Sukarno Himawan Wibisono B.Bus, Dodi Wirawan Irawanto, SE., M.Com., Ph.D., Dr. Achmad Helmy Djawahir, SE.

 

Seperti yang Kita ketahui selama ini, perkembangan dunia bisnis memiliki kaitan erat dengan berbagai inovasi yang terus menerus muncul. Sehingga perusahaan dituntut untuk senantiasa berinovasi, agar perusahaan tersebut mengalawi growth. Berinovasi merupakan salah satu tugas penting seorang manager. Maka dari itu, kuliah tamu tentang hal ini diperlukan bagi para mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa jurusan Manajemen.

Bertempat di Aula Gedung Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pada tanggal 8 Maret 2014 telah diadakan suatu kuliah tamu bertajuk “Reaching The Billion Customer”. Kuliah tamu yang diadakan oleh Program Studi Magister Manajemen FEB ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa. Tingginya minat mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini, tidak lepas dari pembicara inspiratif yang dihadirkan, yakni Sukarno Himawan Wibisono B.Bus, Corporate Sales Director dari First Media, salah satu group media yang dimiliki oleh Lippo Group. Ketua Program Studi Magister Manajemen FEB, Dr. Dodi W Irawanto membuka kuliah tamu ini secara langsung.

“Salah satu hal yang penting dalam suatu bisnis adalah jumlah pelanggan”, ujar Sukarno Himawan Wibisono mengawali materinya. Beliau juga menuturkan bahwa pelanggan yang Kita miliki tidak hanya yang tampak dalam pandangan Kita, namun lebih dari itu. Kemajuan teknologi yang tengah berkembang pesat merupakan peluang bagi perusahaan untuk menambah jumlah pelanggan. Jarak tidak lagi menjadi hambatan, setelah meledaknya jumlah pengguna internet.

Beliau juga menyatakan bahwa loyal customer merupakan alat promosi yang bagus. Terlebih lagi kini media sosial di internet telah berkembang sangat pesat. Perusahaan harus memberikan pelayanan terbaik kepada para customer, karena apabila mereka merasa puas dengan pelayanan yang didapatkan, mereka akan membagikan pengalaman mereka kepada orang-orang disekitarnya. Sehingga jumlah pelanggan akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Namun apabila pelayanan suatu perusahaan mengecewakan, hal tersebut dapat menjadi boomerang bagi perusahaan itu sendiri. Jumlah pelanggan bisa berkurang.

Tak ketinggalan, Sukarno Himawan Wibisono  juga menyertakan case study dalam materinya. Ericsson mampu growth hingga memiliki jutaan pelanggan setelah berinovasi, merubah perusahaan mereka dari Device Provider menjadi Service Provider. Inovasi ini terbukti ampuh menambah jumlah pelanggan dan menjaga keberlangsungan hidup perusahaan Ericsson. Kemudian XL Axiata yang berinovasi dengan menjadikan saldo pulsa para pelanggan mereka dapat dipergunakan sebagai uang elektronik untuk bertransaksi di sejumlah swalayan. Terbukti hal ini cukup ampuh karena banyak digunakan, terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Dunia bisnis membutuhkan inovasi, apabila ingin berinovasi, kuncinya adalah berpikir out of the box”, pesan Sukarno Himawan Wibisono kepada para peserta kuliah tamu. Sebenarnya mahasiswa saat ini lebih beruntung daripada mahasiswa pada tahun-tahun terdahulu, karena kini dunia akademik dapat memperoleh banyak referensi dari dunia bisnis. Akan sangat merugi, bila mahasiswa saat ini tidak menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Pada penghujung kuliah tamu, Ananda Sabil Hussein, SE., M.Com., Ph.D. selaku moderator memberikan quote, “Yang terpenting adalah membaca peluang, dan senantiasa berinovasi”. Ketua Program Studi Magister Manajemen FEB, Dr. Dodi W Irawanto juga menyampaikan bahwa akan mengadakan kuliah tamu secara rutin, terutama bagi mahasiswa Magister yang menempuh jalur paruh waktu. Kegiatan serupa juga telah dilakukan pada hari Selasa (4 Maret 2014) dalam konteks Mata Kuliah Business Experience yang merupakan mata kuliah inovatif program Magister Manajemen hasil racikan dari hasil review ABEST21, yakni mendatangkan owner dari UKM “Roemah Djenang” dari Kab. Blitar.  Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi para mahasiswa dan juga dosen. (azm)

Di upload oleh : agus widyatama
Di upload oleh : agus widyatama
Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur TI dan Kehumasan

Tinggalkan Balasan